Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Di Kelas VII MTsN 8 Banyuwangi

Novianti, Rahma Dwi (2025) Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Di Kelas VII MTsN 8 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rahma Dwi Novianti_214101100009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Kata Kunci : Media Flashcard, Hasil Belajar, Klasifikasi Makhluk hidup

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh media flashcard terhadap hasil belajar siswa di MTsN 8 Banyuwangi. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, khusunya materi klasifikasi makhluk hidup. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran, sehingga membuat siswa kurang tertarik dan tidak aktif dalam memahami materi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat pengaruh penggunaan media flashcard terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup di MTsN 8 Banyuwangi?. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flashcard terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup di MTsN 8 Banyuwangi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Experimen dengan desain non equivalent control group. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu kelas VII-E sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 34 dan kelas VII-K sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 34. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data yang digunakan yaitu uji non-parametrik den gan uji Mann-Whitney.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa di kelas kontrol memiliki rata-rata sebesar 50,14 sedangkan pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata sebesar 76,61. Pada hasil analisis data menggunakan uji Mann-Whitney, perbandingan hasil posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media pembelajaran flashcard terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup di kelas VII MTsN 8 Banyuwangi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Rahma Dwi Novianti
Date Deposited: 04 Jun 2025 01:43
Last Modified: 04 Jun 2025 01:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41947

Actions (login required)

View Item View Item