Khosyillah, Mochamad (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Klasifikasi Tumbuhan Di SMP Asy-Syarifiy Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Mochamad Khosyillah _212101100001.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Kata Kunci : Project Based Learning (PJBL), Herbarium, Hasil Belajar, Klasifikasi Tumbuhan, Pendidikan Sains, Keterampilan Abad 21.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi klasifikasi tumbuhan di SMP Asy-Syarifiy IEBS Lumajang. Model pembelajaran PjBL diterapkan melalui proyek pembuatan herbarium yang melibatkan tahapan sistematis, mulai dari orientasi masalah, perencanaan, pelaksanaan proyek, hingga presentasi dan evaluasi hasil.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain post-test only control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model PjBL dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah konvensional. Data hasil belajar siswa diukur melalui post-test berbasis instrumen soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Selain itu, data pendukung berupa lembar observasi digunakan untuk menilai keterampilan psikomotorik siswa selama pelaksanaan proyek. Analisis data dilakukan menggunakan uji statistik untuk membandingkan hasil post-test kedua kelompok dan menentukan pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran PjBL.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa, baik dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Proyek pembuatan herbarium tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep klasifikasi tumbuhan tetapi juga melatih keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan kreativitas. Model PjBL mampu menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif, sehingga siswa lebih aktif berpartisipasi dalam proses belajar. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan pendekatan pembelajaran inovatif yang relevan dengan kebutuhan abad ke-21, khususnya dalam konteks pembelajaran IPA. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif dan bermakna, serta memberikan wawasan baru tentang pentingnya integrasi praktik langsung dalam pembelajaran sains.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050203 Environmental Education and Extension 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050204 Environmental Impact Assessment 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060201 Behavioural Ecology 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060703 Plant Developmental and Reproductive Biology 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Mr Mochamad Khosyillah |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 03:57 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 03:57 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41972 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |