PENGARUH PERSEPSI, REPUTASI DAN PENGETAHUAN TENTANG BANK SYARIAH TERHADAP MINAT MASYARAKAT RELIGIUS DALAM MENGGUNAKAN PRODUK-PRODUK BANK SYARIAH (STUDI EMPIRIS DI PONDOK PESANTREN DARUS SHOLAH DAN PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM JEMBER)

Humaidillah, Rifqiyan (2025) PENGARUH PERSEPSI, REPUTASI DAN PENGETAHUAN TENTANG BANK SYARIAH TERHADAP MINAT MASYARAKAT RELIGIUS DALAM MENGGUNAKAN PRODUK-PRODUK BANK SYARIAH (STUDI EMPIRIS DI PONDOK PESANTREN DARUS SHOLAH DAN PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM JEMBER). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_RIFQIYANHUMAIDILLAH_213105010002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Rifqiyan Humaidillah, Salman Farizi, 2025: Pengaruh Persepsi, Reputasi, dan
Pengetahuan Tentang Bank Syariah Terhadap Minat Masyarakat Religius Dalam
Menggunakan Produk Bank Syariah (Studi Empiris Di Pondok Pesantren Darus
Sholah Dan Pondok Pesantren Nurul Islam Jember)
Perkembangan perbankan syariah di Indonesia menunjukkan pertumbuhan
yang positif, namun pangsa pasarnya masih tergolong kecil dibandingkan
perbankan konvensional, termasuk di kalangan masyarakat religius seperti santri
dan civitas pesantren. Hal ini menunjukkan masih adanya kendala dalam
membangun minat terhadap produk bank syariah. Beberapa faktor yang diduga
mempengaruhi minat tersebut antara lain persepsi, reputasi, dan pengetahuan
masyarakat tentang bank syariah. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui sejauh mana ketiga faktor tersebut berpengaruh terhadap minat
masyarakat religius dalam menggunakan produk bank syariah, khususnya di
lingkungan Pondok Pesantren Nurul Islam dan Darus Sholah Jember.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah persepsi
berpengaruh terhadap minat masyarakat religius dalam menggunakan produk
bank syariah? (2) Apakah reputasi berpengaruh terhadap minat masyarakat
religius dalam menggunakan produk bank syariah? (3) Apakah pengetahuan
tentang bank syariah berpengaruh terhadap minat masyarakat religius dalam
menggunakan produk bank syariah? (4) Apakah persepsi, reputasi, dan
pengetahuan secara simultan berpengaruh terhadap minat masyarakat religius?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis pengaruh persepsi
terhadap minat masyarakat religius menggunakan produk-produk bank syariah. 2)
Untuk menganalisis pengaruh reputasi terhadap minat masyarakat religius
menggunakan produk-produk bank syariah. 3) Untuk menganalisis pengaruh
pengetahuan terhadap minat menggunakan produk-produk bank syariah. 4) Untuk
menganalisis pengaruh persepsi, reputasi, dan pengetahuan secara simultan
terhadap minat masyarakat religius dalam menggunakan produk-produk bank
syariah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan
asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan
jumlah responden sebanyak 174 orang. Teknik analisis data menggunakan uji
validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t (parsial),
dan uji F (simultan).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi dan pengetahuan
tentang bank syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
masyarakat religius dalam menggunakan produk bank syariah. Sedangkan
variabel reputasi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat tersebut. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa persepsi dan pemahaman masyarakat religius
memiliki peran penting dalam meningkatkan partisipasi terhadap layanan
keuangan syariah.

Kata Kunci: Persepsi, Reputasi, Pengetahuan, Minat, Bank Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140103 Mathematical Economics
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140203 Economic History
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140304 Panel Data Analysis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr. Rifqiyan Humaidillah
Date Deposited: 05 Jun 2025 01:24
Last Modified: 05 Jun 2025 01:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42015

Actions (login required)

View Item View Item