Yanti, Nurul Farida (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOSIC (KNOWLEDGE SCIENCE CUPBOARD) PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI INDONESIAKU KAYA RAYA KELAS V DI SD ASSUNNIYYAH KENCONG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Ahmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
NURUL FARIDA YANTI_212101040040..pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (13MB) |
Abstract
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di jenjang sekolah dasar menuntut adanya media yang mampu menghadirkan pengalaman belajar yang konkret, menyenangkan, dan bermakna. Siswa kelas V secara kognitif berada pada tahap operasional konkret, sehingga membutuhkan media visual dan benda nyata untuk memahami konsep abstrak seperti kekayaan sumber daya alam Indonesia. Namun, hasil observasi di SD Assunniyyah Kencong Jember menunjukkan bahwa pembelajaran IPAS masih didominasi oleh metode ceramah dan penggunaan media konvensional yang terbatas. Akibatnya, siswa kurang terlibat aktif, cepat bosan, dan hasil belajar cenderung rendah. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran KOSIC yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa sekolah dasar untuk meningkatkan hasil belajar.
Penelitian ini menjawab empat rumusan masalah, yaitu: (1) bagaimana penerapan media pembelajaran KOSIC dalam proses pembelajaran IPAS, (2) bagaimana kelayakan media pembelajaran KOSIC berdasarkan validasi dari ahli materi dan ahli media, (3) bagaimana kepraktisan media KOSIC menurut tanggapan guru dan siswa selama proses pembelajaran, dan (4) bagaimana keefektifan media KOSIC dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V. Tujuan utamanya adalah untuk menghasilkan media pembelajaran yang tidak hanya layak dan praktis digunakan, tetapi juga terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa, sejalan dengan prinsip Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran yang menyenangkan dan berpihak pada siswa.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Data dikumpulkan melalui berbagai instrumen, yaitu angket skala Likert (untuk menilai kelayakan dan kepraktisan), lembar observasi, wawancara guru dan siswa, serta pretest dan posttest. Untuk mengetahui efektivitas media KOSIC peneliti menggunakan rumus N-Gain, yang dapat menunjukkan tingkat peningkatan pemahaman siswa.
Hasil dari penerapan media pembelajaran KOSIC menunjukkan bahwa Media KOSIC mampu menarik perhatian siswa.Aktivitas pembelajaran menjadi lebih bermakna karena siswa tidak hanya mendengar penjelasan, tetapi juga melihat secara langsung.Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi menunjukkan bahwa media KOSIC mendapatkan persentase kelayakan sebesar 88% dengan kategori "sangat layak", sedangkan hasil validasi oleh ahli media menunjukkan persentase sebesar 96% dengan kategori "sangat layak". Selain itu, hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V dan siswa menunjukkan bahwa media ini praktis, menarik, dan sesuai dengan karakteristik siswa di SD Assunniyyah Kencong. Hasil tes pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan N-Gain, diperoleh rata-rata sebesar 0,70 yang termasuk dalam kategori "tinggi". Hal ini membuktikan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran KOSIC.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0599 other environmental sciences > 059999 Environmental Sciences not elsewhere classified 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Nurul Farida Yanti |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 04:47 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 04:47 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42106 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |