Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality (AR) Pendidikan Pancasila Materi Keragaman Budaya Indonesiaku Pada Peserta Didik Kelas V SD Assunniyyah Kencong Jember

Jannah, Khofiyatul (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality (AR) Pendidikan Pancasila Materi Keragaman Budaya Indonesiaku Pada Peserta Didik Kelas V SD Assunniyyah Kencong Jember. Undergraduate thesis, UIN Khas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI FIX FIFI terbaru (1) (1) (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Khofiyatul Jannah, 2025: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality (AR) Pendidikan Pancasila Materi Keragaman Budaya Indonesiaku Pada Peserta Didik Kelas V Di Sd Assunniyyah Kencong Jember.
Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality (AR) , Pelajaran Pendidikan Pancasila.
Media pembelajaran dapat dimaknai sebagai alat yang membawa pesan dan informasi antara guru dan siswa. Salah satu media pembelajaran yang dapat diterapkan untuk pembelajaran yang interaktif yaitu media yang berbasis Augmented Reality (AR). Sd Assunniyyah Kencong Jember merupakan Lembaga sekolah dasar di Kencong Jember yang menerapkan media 3d dalam proses pembelajarannya. Namun, media 3d tersebut masih perlu dikembangkan. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas V A Sd Assunniyyah Kencong Jember diperoleh informasi bahwa penggunaan media 3d masih perlu dilakukan adanya pengembangan, dikarenakan penggunaan masih kurang maksimal dikarenakan penggunaanya masih berfokus pada satu pembelajaran saja.
Dalam penelitian pengembangan ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut:1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality (AR) materi keragaman budaya Indonesiaku di Sd Assunniyyah Kencong Jember? 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality (AR) materi keragaman budaya Indonesiaku di SD Assunniyyah Kencong Jember? 3) Bagaimana keefektifan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality (AR) dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi keragaman budaya Indonesiaku pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di SD Assunniyyah Kencong Jember?
Pengembangan Media media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality (AR) pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas V A Sd Assunniyyah Kencong Jember Tahun Pelajaran 2024/2025 yaitu menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. teknik pengumpulan data yang digunakan yakni angket, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality (AR) yang didalamnya memuat materi “Keragaman budaya Indonesiaku”, yang di awali dengan desain media fisik lalu mendesain kebagian Augmented Reality (AR) dan dilanjut dengan memindahkan gambar-gambar tersebut ke dalam barcode yang berisi gambar interaktif serta materi pembelajaran. 2) Hasil kelayakan Media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality (AR) dibuktikan dengan uji validasi yang dilakukan oleh 3 validator, yaitu validasi media, validasi materi, dan validasi pembelajaran. Rata-rata hasil prosentasi validasi oleh 3 validator diperoleh nilai rata-rata 93% yang artinya media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality (AR) dikategorikan sangat valid atau layak untuk digunakan. 3) Hasil keefektifan Media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality (AR) diketahui dari hasil belajar peserta didik dan angket respon siswa. Instrument yang digunakan dalam mengukur hasil belajar adalah menggunakan tes pretest dan posttest. Sedangkan analisis respon siswa diukur dengan menggunakan angket respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality (AR). Hasil keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality (AR) diketahui dan diperoleh menggunakan penghitungan N-Gain Score dengan menunjukkan rata-rata peningkatan hasil belajar sebesar 72%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190201 Cinema Studies
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190203 Electronic Media Art
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fifi Khofiyatul Jannah
Date Deposited: 10 Jun 2025 04:50
Last Modified: 10 Jun 2025 04:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42112

Actions (login required)

View Item View Item