PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING MATERI KEGIATAN EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 10 JEMBER

Rosalina, Fara (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING MATERI KEGIATAN EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 10 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fararosalina_212101090021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Dalam pendidikan kualitas peserta didik menjadi hal penting yang diperhatikan untuk mencapai tujuan pendidikan yang diidamkan. SMP Negeri 10 Jember merupakan sekolah yang kerap menerapkan model pembelajaran yang konvensional saja sehingga menjadikan antusias belajar siswa menurun dan mempengaruhi hasil belajarnya. Hasil belajar siswa disini di ukur melalui aspek kognitif dengan mengukur pengetauhan mereka mengenai pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial maka akan diketahui pemahaman siswa dalam pembelajaran tersebut. Dalam meningkatkan hasil belajar siswa di aspek kognitif ini memerlukan model pembelajaran yang baru dan menyenangkan.
Dalam penelitian ini membahas mengenai permasalahn yakni Apakah Terdapat Pengaruh Yang Signifikan Model Pembelajaran Role playing Materi Kegiatan Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMP Negeri 10 Jembe. Dengan adanya perubahan model pembelajaran yang digunakan didalam kelas VII akan dilihat melalui peningkatan pengetahuan siswanya, yang kemudian akan diukur dalam hasil belajar secara kognitif.
Dengan ini penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Role playing Materi Kegiatan Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMP Negeri 10 Jember.
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre - experimenal. Desain penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah One Group Pretest Posttest yaitu desain penelitian dengan membandingkan hasil pretest dan postest dalam satu kelas saja. Dalam pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Kemudian setelah itu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis.
Hasil analisis data dalam penelitian menggunakan paired sample T – test yang diperoleh sig (2 tailed) yakni <0,001, sehingga menjadikan nilai yang di analisis <0,05 dan hipotesis nol (H0) ditolak sehingga hipoesis alternative (Ha) diterima. Artinya terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Role playing Materi Kegiatan Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMP Negeri 10 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Fara Rosalina
Date Deposited: 10 Jun 2025 07:15
Last Modified: 10 Jun 2025 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42135

Actions (login required)

View Item View Item