Hasanah, Rofiatul (2025) Pengembangan Media Pembelajaran RUPEPA (Rumah Penerapan Pancasila) Pada Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Rofiatul Hasanah_212101040041-1.pdf fix - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) |
Abstract
Pemilihan media tentunya menyesuaikan karakteristik peserta didik agar pembelajaran dapat berjalan secara optimal. Akan tetapi, berdasarkan observasi dan wawancara ditemukan kendala yakni peserta didik Kesulitan dalam memahami materi pembelajaran disebabkan kurangnya media saat yang memungkinka. Oleh karena itu, media pembelajaran RUPEPA (Rumah Penerapan Pancasila) digunakan untuk menarik antusias dan membantu peserta didik mamahami pembelajaran.
Rumusan dari penelitian ini adalah : Bagaimana Validitas Media Pembelajaran RUPEPA (Rumah Penerapan Pancasila) Pada Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember? Dan Bagaimana Kepraktisan Media Pembelajaran RUPEPA (Rumah Penerapan Pancasila) Pada Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember ?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan tahapan Analyze, Desagn, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba dalam penelitian ini ialah ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran atau guru pendidikan pancasila dan peserta didik kelas 2A di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember.
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa Validitas media RUPEPA (Rumah Penerapan Pancasila) diperoleh melalui proses penilaian dari validasi hasil dari ahli materi sebesar 96% dengan kategori sangat valid, ahli media sebesar 92% dengan kategori sangat valid, dan ahli pembelajaran sebesar 92% dengan kategori sangat valid. Hasil rata-rata angket dari para validator menunjukkan presentase 93% dengan kategori sangat valid digunakan dan Kepraktisan media pembelajaran RUPEPA (Rumah Penerapan Pancasila) yang dikembangkan sangat valid berdasarkan hasil angket respon peserta didik. Adapun hasil angket respon peserta didik pada uji coba skala kecil yaitu sebesar 85% dan hasil angket respon peserta didik pada uji coba skala besar adalah 92%. Berdasarkan pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Rupepa yang dikembangkan sangat valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Rofiatul Hasanah |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 08:27 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 08:27 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42151 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |