Damayanti, Alvina Septi (2025) INTEGRASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERWAWASAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEPEKAAN SOSIAL SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 JEMBER TAHUN 2024/2025. Undergraduate thesis, Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Alvina Septi Damayanti _211101090023-1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Pembelajaran IPS berwawasan lingkungan merupakan pendekatan yang mengaitkan materi pelajaran dengan realitas sosial dan lingkungan sekitar siswa untuk menciptakan pembelajaran yang kontekstual, bermakna, dan membentuk karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Perencanaan pelaksanaan pembelajaran IPS berwawasan lingkungan, (2) Pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis lingkungan, dan (3) Perubahan kepekaan sosial siswa setelah mengikuti pembelajaran tersebut di MTs Negeri 6 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Subjek penelitian meliputi kepala madrasah, wakil kepala bidang kurikulum, guru IPS, dan siswa kelas IX. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data diperoleh melalui triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dirancang secara kolaboratif dan kontekstual, dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui metode aktif seperti Discovery Learning dan observasi lapangan, yang mendorong keterlibatan langsung siswa dalam menganalisis permasalahan sosial dan lingkungan. Pembelajaran ini terbukti mampu meningkatkan kepekaan sosial siswa, terutama pada aspek tolong-menolong, kerja sama, kesadaran diri, dan menghargai orang lain. Hasil angket menunjukkan rata-rata kepekaan sosial siswa mencapai 85,5% (kategori baik sekali).
Dengan demikian, integrasi pembelajaran IPS berwawasan lingkungan di MTs Negeri 6 Jember efektif dalam membentuk siswa yang tidak hanya unggul dalam pengetahuan, tetapi juga memiliki kepedulian sosial dan kesadaran terhadap lingkungan sekitarnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs Alvina Septi Damayanti |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 08:33 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 08:33 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42155 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |