Nur Faizi, Arif (2025) PENERAPAN METODE MIND MAPPING PADA KREATIVITAS SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AR-RAUDLAH JEMBER MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Skripsi ARIF NUR FAIZI zee.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi adanya penerapan metode mind mapping
yang di terapkan siswa Sekolah Menengah Kejuruan Ar-Raudlah Jember, yang
mana dari penerapan metode mind mapping berdampak pada kreativitas siswa.
Fokus dari penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana Penerapan Mind Mapping
dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah
Menengah Kejuruan Ar-Raudlah Jember kelas 11 B Tahun Ajaran 2024/2025? 2.
Bagaimana Dampak metode mind mapping pada kreativitas siswa mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Kejuruan ArRaudlah Jember kelas 11 B Tahun Ajaran 2024/2025?
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1. Mendeskripsikan penerapan metode
mind mapping dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di
Sekolah Menengah Kejuruan Ar-Raudlah Jember kelas 11 B tahun ajaran
2024/2025. 2. mendeskripsikan Dampak metode mind mapping pada kreativitas
siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah
Menengah Kejuruan Ar-Raudlah Jember kelas 11 B Tahun Ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tiga metode utama, yaitu observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data meliputi tahapan kondensasi
data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan
data, digunakan teknik triangulasi yang mencakup triangulasi sumber, triangulasi
teknik, dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian 1. Penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran
Pendidika Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 11 B. a.Tahap penerapan metode
mind mapping b. Tahap penilaian karya, yang dilakukan selama kegiatan
pembelajaran berlangsung. Ada tiga ranah yang dinilai oleh guru yaitu
pengelompokan informasi, Pengorganisasian konsep serta menciptakan ide visual
2. Penerapan metode mind mapping berdampak pada kreativitas siswa kelas 11 B
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yaitu: Memunculkan
ide, berfikir kreatif dalam menyampaikan materi, dan pengaktifan imajinasi
visual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Arif Nur Faizi |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 02:29 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 02:29 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42198 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |