Penerapan Model Game Based Learning Melalui Media Educaplay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas XIA Di Madrasah Aliyah Nahdlatul Arifin Ambulu Jember

Murtafi'ah, Tika (2025) Penerapan Model Game Based Learning Melalui Media Educaplay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas XIA Di Madrasah Aliyah Nahdlatul Arifin Ambulu Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Tika Murtafi'ah_214101010014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

Tika Murtafi’ah, 2025: Penerapan Model Game Based Learning Melalui Media Educaplay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XIA di Madrasah Aliyah Nahdlatul Arifin Ambulu Jember
Kata Kunci: Game Based Learning , Educaplay, hasil belajar, akidah akhlak
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya interaksi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran yang disebabkan kurang bervariasinya model dan media pembelajaran yang digunakan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Game Based Learning melalui media Educaplay dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas XIA di Madrasah Aliyah Nahdlatul Arifin Ambulu Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes tertulis (pre test dan post test), serta dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Game Based Learning melalui media Educaplay dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan siswa dari siklus I sebesar 46% meningkat hingga 39% pada siklus II menjadi 85%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I yakni 72 menjadi 83 pada siklu II. Dengan demikian, penerapan model Game Based Learning melalui media Educaplay dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak kelas XIA Madrasah Aliyah Nahdlatul Arifin Ambulu Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Tika Murtafi'ah
Date Deposited: 11 Jun 2025 04:48
Last Modified: 11 Jun 2025 04:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42227

Actions (login required)

View Item View Item