Azizah, Ummu (2025) Pelaksanaan Program Tajammuՙ di Pondok Pesantren Baitul Arqom Jember: Praktik Baik Konseling Santri Dengan Teknik Self Disclosure. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
UMMU AZIZAH_212101010008-2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Kata kunci: Tajammuՙ, Konseling, Self Disclosure, Pesantren
Program tajammu’ merupakan salah satu tradisi khas yang dijalankan di berbagai pondok pesantren, yang umumnya berbentuk kegiatan makan bersama di atas daun atau nampan besar. Berbeda dengan tajammuՙ di Pondok Pesantren Baitul Arqom, program tajammuՙ di Pondok Pesantren Baitul Arqom adalah kegiatan makan bersama yang dikembangka dengan adanya sesi cerita.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan konseling dalam program tajammuՙ di Pondok Pesantren Baitul Arqom Jember? 2)Bagaimana posisi program tajammuՙ di Pondok Pesantren Baitul Arqom Jember analisis perspektif teori ekologi Bronfenbrenner?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan program konseling dalam program tajammuՙ di Pondok Pesantren Baitul Arqom Jember. 2)Mendeskripsikan secara mendalam posisi program tajammuՙ di Pondok Pesantren Baitul Arqom Jember analisis perspektif teori ekologi Bronfenbrenner
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik interaktif Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri dari kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan dan verifkasi. Keabsahan data yang digunakan adalah triagulasi sumber dan trangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Pelaksanaan konseling dalam program tajammuՙ di Pondok Pesantren Baitul Arqom yakni menggunakan teknik self disclosure dengan dua metode yaitu metode pengungkapan diri dengan berbagi pengalaman serupa dan metode pengungkapan diri dengan menyampakan sikap atau perasaan dalam kemajuan konseling. 2) Posisi program tajammuՙ di Pondok Pesantren Baitul Arqom analisis perspektif teori ekologi Bronfenbrenner adalah mikrosistem karena merupakan lingkungan terdekat santriwati, terjadinya interaksi langsung santriwati dengan teman sebaya dan wali kelas, dan santriwati sebagai penerima aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ummu Azizah |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 04:42 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 04:42 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42239 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |