Pembelajaran Fikih Wanita Menggunakan Buku Rumusan Dasar Darah Wanita Untuk Peningkatan Pemahaman Haid Santriwati Di Ma'had Khadija Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember

Azhma Aulia, Muhammad (2025) Pembelajaran Fikih Wanita Menggunakan Buku Rumusan Dasar Darah Wanita Untuk Peningkatan Pemahaman Haid Santriwati Di Ma'had Khadija Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Muhammad Azhma Aulia 212101010019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Muhammad Azhma Aulia: Pembelajaran Fikih Wanita Menggunakan Buku
Rumusan Dasar Darah Wanita Untuk Peningkatan Pemahaman Haid Santriwati
Di Ma’had Khadijah Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember.
Kata Kunci: Fikih Wanita, Buku Rumusan dasar darah wanita dan Pemahaman
Haid

Zaman sekarang banyak perempuan yang kurang memahami atau bahkan
tidak memahami sepenuhnya tentang haid. Banyak kasus wanita remaja yang
sudah beberapa tahun tidak dalam keadaan suci, kurangnya pemahaman mereka
dengan tanggung jawab hukum akibat mentruasi dan jinabat yang mendatanginya
menjadi faktor mengapa hal tersebut dapat terjadi. Salah satu lembaga yang
mengimplentasikan pembelajaran fikih wanita adalah Ma‟had Khadijah Madrasah
Aliyah Negeri 1 Jember yang dilakukan sejak tahun 2023 yang dipersiapkan untuk
meningkatkan pemahaman santriwati terkait rumusan darah wanita.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan
pembelajaran fikih wanita?, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran fikih
wanita?, 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran fikih wanita untuk peningkatkan
pemahaman haid santriwati Ma'had Khadijah Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember?
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan
pembelajaran fikih wanita, 2) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran fikih
wanita, 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran fikih wanita untuk
peningkatkan pemahaman haid santriwati Ma'had Khadijah Madrasah Aliyah
Negeri 1 Jember.
Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis deskriptif. Penentuan subyek pada penelitian ini menggunakan teknik
purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles,
Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi teknik.
Hasil penelitian menujukkan, 1) Perencanaan pembalajaran fikih wanita
menunjukan Pembelajaran fikih wanita tentang haid, nifas, dan istihadhah
dirancang untuk memenuhi kebutuhan praktis santriwati dalam kehidupan seharihari. Program ini ditetapkan sebagai ekstrakurikuler dengan menggunakan buku
"Rumusan Dasar Darah Wanita" sebagai materi utama. Rencana pembelajarannya
disusun secara sistematis. 2). Pelaksanaan pembelajaran menunjukkan
Pembelajaran fikih wanita ini dalam pelaksanaannya menggunakan pendekatan,
model dan metode pembelajaran yang dirancang agar pembelajaran lebih
aplikatif, interaktif, dan mudah dipahami oleh santriwati dalam mempelajari fikih
wanita. 3) Evaluasi Pembelajaran fikih wanita menunjukan Evaluasi pembelajaran
fikih wanita dilaksanakan melalui dua metode penilaian yang komprehensif.
Kriteria penilaiannya mencakup kemampuan menghafal materi pokok dan
keterampilan memecahkan masalah nyata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Azhma Aulia
Date Deposited: 11 Jun 2025 06:54
Last Modified: 11 Jun 2025 06:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42251

Actions (login required)

View Item View Item