RIDHO'I, A. FAIZ (2025) PENERAPAN NILAI PENDIDIKAN ISLAM MELALUI PROGRAM KEAGAMAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SEKOLAH DASAR ASY-SYAFA’AH JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Skripsi - A. Faiz Ridhoi-.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
A. Faiz Ridho’i, 2025: Penerapan Nilai Pendidikan Islam melalui Program Keagamaan dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di Sekolah Dasar Asy-Syafa’ah Jember.
Kata Kunci: karakter religius, nilai pendidikan Islam, program keagamaan
Pendidikan Islam tidak hanya mengajarkan pengetahuan tentang agama, tetapi juga membentuk pribadi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Di sekolah dasar, penanaman nilai-nilai agama sejak dini sangat krusial untuk membangun generasi penerus yang berkarakter. Karakter religius adalah fondasi penting bagi perkembangan moral dan spiritual siswa.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi yang digunakan dalam penerapan nilai Pendidikan Islam melalui Program Keagamaan dalam pembentukan karakter religius siswa di Sekolah Dasar Asy-Syafa’ah Jember?, 2)Bagaimana Metode yang digunakan dalam penerapan nilai pendidikan Islam melalui program keagamaan dalam pembentukan karakter religius siswa di Sekolah Dasar Asy-Syafa’ah Jember?, 3) Bagaimana hasil penerapan nilai pendidikan Islam melalui program keagamaan dalam pembentukan karakter religius pada siswa Sekolah Dasar Asy-Syafa’ah Jember?. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan Strategi yang digunakan dalam penerapan Nilai Pendidikan Islam melalui Program Keagamaan pada Siswa Sekolah Dasar Asy-Syafa’ah Jember. 2) Mendeskripsikan Metode yang digunakan dalam Penerapan Nilai Pendidikan Islam melalui Program Keagamaan pada siswa Sekolah Dasar Asy-Syafa’ah Jember. 3) Mendeskripsikan hasil penerapan Program Keagamaan dalam pembentukan karakter religius siswa di Sekolah Dasar Asy-Syafa’ah Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian fenomenologi. Lokasi penelitian dilakukan di SD Ay-Syafaah Jember, dengan subyek guru dan siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data memakai model Miles, Huberman dan Saldana yang mencakup kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Strategi penerapan yang digunakan dengan tiga langkah yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi melalui program-program seperti Pembelajaran Ibadah Harian (PIH), Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ), dan tahfidz Al-Qur’an. Peran guru tidak hanya dalam kelas, tetapi juga di luar kelas mendampingi siswa dalam praktek ibadah seperti sholat berjamaah. 2) Metode yang digunakan beragam seperti ceramah, demonstrasi, tanya jawab, dan pemecahan masalah (problem solving). Mekanisme pelaksanaannya terbagi dalam tiga waktu: pagi (BTQ untuk kelas Tahassus), siang (kelas 1 dan 2), dan sore (PIH untuk kelas 3–6). 3) Hasil penerapan program ini adalah membentuk karakter religius siswa dengan indikator keberhasilan peningkatan sikap dari kurang sopan menjadi lebih baik, dibuktikan dengan kegiatan bersalaman dengan guru. Kemudian perubahan positif dalam pembiasaan ibadah sehari-hari, seperti peningkatan ketepatan gerakan shalat dan penghafalan Al-Qur’an, dan pengetahuan dan praktik keagamaan siswa yang sebelumnya rendah kini mengalami kemajuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | A. FAIZ RIDHOI |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 06:47 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 06:47 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42256 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |