Manajemen Program Pengembangan Bahasa Asing dalam Meningkatkan Mutu Santri di Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung

Malia, Siti (2025) Manajemen Program Pengembangan Bahasa Asing dalam Meningkatkan Mutu Santri di Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI MALIA - 212101030028 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Manajemen Program, Pengembangan Bahasa Asing, Mutu Santri
Program pengembangan bahasa asing adalah salah satu program yang banyak diterapkan di lembaga pendidikan khususnya dilembaga pondok pesantren. Program pengembangan bahasa asing ini dirancang untuk mencetak santri dan lulusan yang berkualitas, sekaligus menjadikan Pondok Peantren Baitul Arqom sebagai lembaga yang unggul dan berkualitas di era modern. Tujuan adanya program ini yaitu untuk menambah wawasan, pemahaman dan kualitas bagi para santri dan lulusan. Manajemen program pengembangan bahasa asing dalam hal ini berupa implementasi dan evaluasi. Dalam evaluasi mengambil model evaluasi CIPP yang didalammnya berisi penilaian secara menyeluruh. Berhasilnya program pengembangan bahasa asing ini dapat dilihat dari banyaknya alumni yang berkualiatas dan mendapatkan beasiswa diperguruan tinggi di dalam negeri maupun di luar negeri.
Fokus penelitian dalam penelitan ini adalah :1) Bagaimana implementasi program pengembangan bahasa asing dalam meningkatkan mutu santri di Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung? 2) Bagaimana evaluasi program pengembangan bahasa asing dalam meningkatkan mutu santri di Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Lokasi penelitian bertempat di Balai Pendidikan Pondok Pesantren Baitul Arqom
Hasil penelitian dari manajemen program pengembangan bahasa asing dalam meningkatkan mutu di Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung yaitu: 1) Implementasi atau pelaksanaan program pengembangan bahasa asing yang diimplementasikan dengan cara diadakannya pemberlakuan wajib berbahasa asing serta dalam pelaksanaan muhadharah, strategi pelaksanaan program pengembangan bahasa asing yang berupa : a) Pembentukan pengurus OSBA bagian bahasa, b) Pemberian kosa kata baru, c) Mengarang kalimat dengan kosa kata baru, d) Mengadakan konten bahasa dan e) Pekan bahasa, tujuan dari pelaksanaan program dan dalam implementasi ini juga terdapat faktor penghambat yaitu dari faktor intrenal dan eksternal. 2) Evaluasi program pengembangan bahasa asing yang dalam evaluasi program pengembangan bahasa asing ini menggunakan model evaluasi CIPP yang didalamnya mengevaluasi secara menyeluruh meliputi evalaasi Context, Input, Process dan Produk yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Malia Siti Malia
Date Deposited: 12 Jun 2025 01:40
Last Modified: 12 Jun 2025 01:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42304

Actions (login required)

View Item View Item