KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TATA BOGA DALAM MENGEMBANGKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SANTRI DI MADRASAH ALIYAH ANNURIYYAH JEMBER

Ma'ruuffah, Murnie (2025) KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TATA BOGA DALAM MENGEMBANGKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SANTRI DI MADRASAH ALIYAH ANNURIYYAH JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Murnie Ma’ruuffah _212101030036__compressed.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya Madrasah Aliyah yang
menerapkan pendidikan kewirausahaan di dalam kegiatan ekstrakurikuler
khususnya dibidang kuliner, yaitu tata boga. Penerapan pendidikan kewirausahaan
ini merupakan salah satu keterampilan penting yang perlu ditanamkan sejak dini
untuk mempersiapkan generasi muda dalam menghadapi tantangan ekonomi. Hal
tersebut kemudian mendorong peneliti untuk menggali informasi secara
mendalam terkait Kegiatan Ekstrakurikuler Tata Boga Dalam Mengembangkan
Jiwa Kewirausahaan Santri, khususnya di Madrasah Aliyah Annuriyyah Jember.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kegiatan ekstrakurikuler tata
boga dalam mengembangkan aspek kognitif jiwa kewirausahaan santri di
Madrasah Aliyah Annuriyyah Jember? 2) Bagaimana kegiatan ekstrakurikuler tata
boga dalam mengembangkan aspek afektif jiwa kewirausahaan santri di Madrasah
Aliyah Annuriyyah Jember? 3) Bagaimana kegiatan ekstrakurikuler tata boga
dalam mengembangkan aspek psikomotorik jiwa kewirausahaan santri di
Madrasah Aliyah Annuriyyah Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kegiatan
ekstrakurikuler tata boga dalam mengembangkan aspek kognitif jiwa
kewirausahaan santri di Madrasah Aliyah Annuriyyah Jember. 2) Untuk
mendeskripsikan kegiatan ekstrakurikuler tata boga dalam mengembangkan aspek
afektif jiwa kewirausahaan santri di Madrasah Aliyah Annuriyyah Jember. 3)
Untuk mendeskripsikan kegiatan ekstrakurikuler tata boga dalam
mengembangkan aspek psikomotorik jiwa kewirausahaan santri di Madrasah
Aliyah Annuriyyah Jember.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian narrative research. Penentuan subjek menggunak teknik purposive.
Pengumpulan data menggunakan observasi pasif, wawancara semi terstruktur dan
dokumentasi. Kemudian analisis data penelitian ini menggunakan pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1) aspek kognitif dapat
berkontribusi dengan baik melalui proses mengingat dan memahami materi
melalui sesi tanya jawab dan diskusi kemudian dapat menerapkan apa yang sudah
di pelajari. 2) aspek afektif berkontribusi dengan melihat sikap dan kedisiplinan,
penanggapan yang ditunjukkan melalui santri aktif saat kegiatan berlangsung,
penilaian/evaluasi kegitan, dan munculnya cita-cita untuk membuka usaha. 3)
aspek psikomotorik secara aktif dapat meniru apa yang telah dicontohkan oleh
pembina dengan tanpa banyaknya arahan, mampu menakar bahan ataupun waktu,
penggabungan beberapa keterampilan, dan mampu beradaptasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: mrs Murnie Ma'ruuffah
Date Deposited: 12 Jun 2025 03:07
Last Modified: 12 Jun 2025 03:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42363

Actions (login required)

View Item View Item