Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2024/2025

Putri Sundusiah, Nida (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nida Putri Sundusiah_211101090042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Nida Putri Sundusiah, 2025 : Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2024/2025.
Kata Kunci: Flipped classroom, dan hasil belajar IPS.

Penerapan model pembelajaran dalam proses pembelajaran merupakan suatu bentuk kontribusi untuk mengetahui tingkat pemahaman pada peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas, inovasi, keaktifan, dan pemahaman peserta didik adalah penerapan model pembelajaran flipped classroom. Model pembelajaran flipped classroom juga membantu guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Namun dalam proses pembelajaran di kelas sering ditemukan berbagai kekurangan yang membuat hasil belajar IPS mempengaruhi hasil belajar siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar siswa di MTs Negeri 1 Jember tersebut yaitu guru menggunakan pengajaran Flipped Classroom kepada siswa agar mereka lebih aktif dalam. Bentuk dalam pengajaran model Flipped Classroom dalam ilmu Pengetahuan sisial yang dibeikan ialah siswa sebelum tatap muka di minta belajar sendiri di rumah mengenai materi untuk pertemuan berikutnya.
Rumusan masalah penelitian ini yaitu Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar IPS di MTs Negeri 1 Jember Kelas VIII Pada tahun Ajaran 2024/2025? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaaruh terhadap hasil belajar IPS di sekolah MTs Negeri 1 Jember, kelas VIII pada tahun ajaran 2024/2025?
Penelitian yang di gunakan peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan dengan jenis Pre Experimental Desaign One group Pretest- Posttest. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Jember sebanyak 240 siswa dan sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling (CRS ) dan terpilih adalah kelas VIII G berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi yaitu nilai pre tes post tesData hasil belajar dikumpulkan melalui 20 tes objektif pilihan ganda yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran,daya pembeda dan efektifitas pengecoh, menggunakan aplikasi Anates dan SPSS 25 Windows. Analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji- Paired sampel T-test untuk menguji pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar siswa.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikansi dalam penerapan model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar IPS kelas VIII di MTs Negeri 1 Jember. Adanya pengaruh tersebut dibuktikan dengan nilai uji sampel paired T-test sebesar 0,000 < 0,05 Yang menunjukan kurang dari nilai signifikan 0,05 artinya Ho di tolak Ha diterima. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Flipped Classrom memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa di MTs N 1 Jember. Dengan demikian jika pembelajaran menggunakan model Flipped Classrom mendorong meningkatnya hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1602 Criminology > 160202 Correctional Theory, Offender Treatment and Rehabilitation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: She Nida Putri Sundusiah
Date Deposited: 12 Jun 2025 02:49
Last Modified: 12 Jun 2025 02:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42364

Actions (login required)

View Item View Item