Perbandingan Program Sistem Kredit Semester dan Program Reguler Pada Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo

Syakdia, Halimatus (2025) Perbandingan Program Sistem Kredit Semester dan Program Reguler Pada Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_HALIMATUS SYAKDIA_212101030010..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Halimatus Syakdia, 2025: Perbandingan Program Sistem Kredit Semester dan Reguler Pada Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo.

Kata Kunci: Program, Sistem Kredit Semester, Reguler

Program Sistem Kredit Semester dan Reguler adalah program yag diterapkan dalam lembaga pendidikan Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo. Program Sistem Kredit Semester memberikan fleksibilitas bagi peserta didik yang memiliki kemampuan belajar lebih atau yang berprestasi untuk menyelesaikan studi dalam waktu lebih singkat. Sementara itu, program Reguler menawarkan jalur pembelajaran tiga tahun yang menekankan pada pendalaman materi. Keberadaan kedua program ini mencerminkan komitmen Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo dalam menyediakan layanan yang berorientasi pada kebutuhan peserta didik.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah:1) Bagaimana Struktur Kurikulum Program Sistem Kredit Semester dan Reguler pada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo? 2) Bagaimana Penentuan Rombel Program Sistem Kredit Semester dan Reguler pada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo? 3) Bagaimana Pengelolaan Pembelajaran Program Sistem Kredit Semester dan Reguler pada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo? 4) Bagaimana Evaluasi Program Sistem Kredit Semester dan Reguler pada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan Struktur Kurikulum Program Sistem Kredit Semester dan Reguler pada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo. 2) untuk mendeskripsikan Bagaimana Penentuan Rombel Program Sistem Kredit Semester dan Reguler pada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo. 3) untuk mendeskripsikan Pengelolaan Pembelajaran Program Sistem Kredit Semester dan Reguler pada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo. 4) untuk mendeskripsikan Evaluasi Program Sistem Kredit Semester dan Reguler pada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data meliputi kondensasi, tampilan data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Keabsahan data diuji melalui triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Struktur kurikulum yang digunakann disesuaikan dengan kebutuhan dari lembaga dan prosesnya melibatkan seluruh stakeholder yang ada dalam lembaga. 2) Penentuan Rombel dalam program Sistem Kredit Semester dan reguler seperti penentuan rombel pada umumnya tetapi dipisah dengan kelompok meja belajarnya. 3) Pengelolaan Pembelajaran dilakukan dengan strategi kelas heterogen, materi yang diberikan mengikuti modul ajar dan evaluasi pembelajaran dilakukan dengan ulangan harian, ujian-ujian serta keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. 4) Evaluasi program Sistem Kredit Semester dan Reguler dilakukan diakhir semester yang fokus pada kinerja pendidik dan hambatan yang dihadapi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Halimatus Syakdia
Date Deposited: 12 Jun 2025 03:04
Last Modified: 12 Jun 2025 03:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42365

Actions (login required)

View Item View Item