Syakdia, Halimatus (2025) Perbandingan Program Sistem Kredit Semester dan Program Reguler Pada Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI_HALIMATUS SYAKDIA_212101030010..pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Halimatus Syakdia, 2025: Perbandingan Program Sistem Kredit Semester dan Reguler Pada Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo.
Kata Kunci: Program, Sistem Kredit Semester, Reguler
Program Sistem Kredit Semester dan Reguler adalah program yag diterapkan dalam lembaga pendidikan Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo. Program Sistem Kredit Semester memberikan fleksibilitas bagi peserta didik yang memiliki kemampuan belajar lebih atau yang berprestasi untuk menyelesaikan studi dalam waktu lebih singkat. Sementara itu, program Reguler menawarkan jalur pembelajaran tiga tahun yang menekankan pada pendalaman materi. Keberadaan kedua program ini mencerminkan komitmen Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo dalam menyediakan layanan yang berorientasi pada kebutuhan peserta didik.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah:1) Bagaimana Struktur Kurikulum Program Sistem Kredit Semester dan Reguler pada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo? 2) Bagaimana Penentuan Rombel Program Sistem Kredit Semester dan Reguler pada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo? 3) Bagaimana Pengelolaan Pembelajaran Program Sistem Kredit Semester dan Reguler pada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo? 4) Bagaimana Evaluasi Program Sistem Kredit Semester dan Reguler pada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan Struktur Kurikulum Program Sistem Kredit Semester dan Reguler pada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo. 2) untuk mendeskripsikan Bagaimana Penentuan Rombel Program Sistem Kredit Semester dan Reguler pada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo. 3) untuk mendeskripsikan Pengelolaan Pembelajaran Program Sistem Kredit Semester dan Reguler pada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo. 4) untuk mendeskripsikan Evaluasi Program Sistem Kredit Semester dan Reguler pada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data meliputi kondensasi, tampilan data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Keabsahan data diuji melalui triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Struktur kurikulum yang digunakann disesuaikan dengan kebutuhan dari lembaga dan prosesnya melibatkan seluruh stakeholder yang ada dalam lembaga. 2) Penentuan Rombel dalam program Sistem Kredit Semester dan reguler seperti penentuan rombel pada umumnya tetapi dipisah dengan kelompok meja belajarnya. 3) Pengelolaan Pembelajaran dilakukan dengan strategi kelas heterogen, materi yang diberikan mengikuti modul ajar dan evaluasi pembelajaran dilakukan dengan ulangan harian, ujian-ujian serta keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. 4) Evaluasi program Sistem Kredit Semester dan Reguler dilakukan diakhir semester yang fokus pada kinerja pendidik dan hambatan yang dihadapi.
Actions (login required)
![]() |
View Item |