Pengembangan media papan labirin pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas II madrasah ibtidaiyah ma'arif condro kaliwates jember

Nailil Afida, Ila (2025) Pengembangan media papan labirin pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas II madrasah ibtidaiyah ma'arif condro kaliwates jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ila Nailil Afida_214101040018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penggunaan Media Pembelajaran Sangatlah Penting dalam Proses Pembelajaran. Media Pembelajaran ini dapat Membantu Guru dalam Mengembangkan Pemahaman dan Merangsang Pikiran, Perasaan, Perhatian serta Kemampuan Peserta Didik. Jadi, Guru harus bisa Menciptakan Karya yang dapat Menarik Peserta Didik dan Antusias dalam mengikuti Pembelajaran. Tetapi, Guru di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro belum semua Guru Menggunakan Media Pembelajaran dan hanya Mengandalkan Buku Lks. Untuk itu Peneliti Menciptakan Media Pembelajaran Papan Labirin pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Siswa Kelas II.
Adapun Rumusan Masalah pada Penelitian ini Sebagai Berikut: (1) Bagaimana Kevalidan Media Papan Labirin pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan? (2) Bagaimana Kepraktisan Media Papan Labirin pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Siswa? (3) Bagaimana Keefektifan Media Papan Labirin pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Kaliwates Jember?
Tujuan Penelitian ini Yaitu untuk: (1) Mengetahui Kevalidan Media Papan Labirin pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan. (2) Mengetahui Kepraktisan Media Papan Labirin pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan. (3) Mengetahui Keefektifan Media Papan Labirin pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan.
Pengembangan Media Papan Labirin Menggunakan Metode Research and Development (R&D) dengan Model ADDIE yang mencangkup Lima Tahapan Yaitu: Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation ( Evaluasi). Teknik Analisis Data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, Angket, Dokumentasi, Pretest dan Posttest.
Hasil Penelitian ini menunjukkan Bahwa: 1) Hasil Rata- Rata Kevalidan Media dari Ketiga Validator adalah 87,3% dengan Kategori Sangat Valid. 2) Hasil Rata- Rata Kepratisan Media yang diperoleh dari Respon Peserta Didik adalah 92% dengan Kategori Sangat Baik atau Layak digunakan Pembelajaran. 3) Hasil Keefektifitasan Media di peroleh Hasil dari Nilai Pretest dengan Presentase 42% dan Posttest Peserta Didik adalah 86% . Hasil N-Gain Score atau Mean dengan Cara Menghitung Nilai Pretest dan Posttest adalah 76% Dengan Kategori Efektif digunakan dalam Pembelajaran. Dengan Demikian, dapat disimpulkan bahwa Media Papan Labirin dapat dikategorikan Valid dan Layak digunakan dalam Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Ila Nailil Afida
Date Deposited: 12 Jun 2025 03:22
Last Modified: 12 Jun 2025 03:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42369

Actions (login required)

View Item View Item