Nurjanah, Lutfiy (2025) Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Negeri Pakusari Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI LUTFIY NURJANAH T20193080-1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Kata Kunci: Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan
supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru
pada aspek kompetensi pedagogik dan profesional di SMA Negeri Pakusari?;
2) Bagaimana pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam
meningkatkan profesionalisme guru pada aspek kompetensi pedagogik dan
profesional di SMA Negeri Pakusari?; 3) Bagaimana upaya tindak lanjut
supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru
pada aspek kompetensi pedagogik dan profesional di SMA Negeri Pakusari?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan
supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru
pada aspek kompetensi pedagogik dan profesional di SMA Negeri Pakusari;
2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah
dalam meningkatkan profesionalisme guru pada aspek kompetensi pedagogik
dan profesional di SMA Negeri Pakusari; 3) Untuk mendeskripsikan upaya
tindak lanjut supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan
profesionalisme guru pada aspek kompetensi pedagogik dan profesional di
SMA Negeri Pakusari.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif.
Pemilihan subjek dalam penelitian ini menggunakan purposive. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi
partisipasi pasif, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kemudian, teknik analisis data
penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif interaktif Miles, Huberman,
dan Saldana yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa: 1) Perencanaan
supervisi akademik meliputi penginformasian pelaksanaan supervisi,
penjadwalan supervisi, pembagian instrumen, dan membentuk tim supervisi;
2) Pelaksanaan supervisi menggunakan teknik individu kunjungan kelas, dan
teknik kelompok melalui rapat dinas dan rapat MGMP serta menggunakan
pendekatan Kolaboratif; 3) Tindak lanjut supervisi diawali dengan umpan
balikan menggunakan teknik coaching, serta kegiatan tindak lanjut berupa In
House Training, Komunitas Belajar, Mengaktifkan kegiatan MGMP sebulan
sekali, Pelatihan, dan Webinar online pada Platform Merdeka Mengajar
(PMM). Serta dilakukan pemantauan secara berkala dan pemberian motivasi
dan penghargaan bagi guru aktif dan berprestasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Lutfiy Nurjanah |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 03:41 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 03:41 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42378 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |