Pengembangan media prisma ajaib berbasis pembelajaran diferensiasi pada mata pelajaran pendidikan pancasila madrasah ibtidaiyah swasta nurul islam kedungmoro kunir lumajang

Rohmah, Muflihatur (2025) Pengembangan media prisma ajaib berbasis pembelajaran diferensiasi pada mata pelajaran pendidikan pancasila madrasah ibtidaiyah swasta nurul islam kedungmoro kunir lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muflihatur Rohmah_212101040012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Pembelajaran yang monoton dapat menyebabkan peserta didik merasa bosan, sehingga dibutuhkan adanya pembaruan dengan menggunakan sebuah media pembelajaran. berdasarkan observasi yang dilakukan, guru hanya menggunakan hanya menggunakan media seadanya seperti papan tulis, buku paket serta LKS. Untuk memaksimalkan pembelajaran peneliti mengembangan sebuah media Prisma Ajaib agar pembelajaran lebih menyenangkan.
Rumusan masalah dalam penelitian: 1) Bagaimana kevalidan media prisma ajaib berbasis pembelajaran diferensiasi pada mata pelajaran pendidikan pancasila Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Islam Kedungmoro Kunir Lumajang, 2) Bagaimana kepraktisan media prisma ajaib berbasis pembelajaran diferensiasi pada mata pelajaran pendidikan pancasila Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Islam Kedungmoro Kunir Lumajang, 3) Bagaimana keefektifan media prisma ajaib berbasis pembelajaran diferensiasi pada mata pelajaran pendidikan pancasila Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Islam Kedungmoro Kunir Lumajang.
Tujuan penelitian ini: 1) Mengetahui kevalidan media prisma ajaib berbasis pembelajaran diferensiasi pada mata pelajaran pendidikan pancasila Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Islam Kedungmoro Kunir Lumajang, 2) Mengetahui kepraktisan media prisma ajaib berbasis pembelajaran diferensiasi pada mata pelajaran pendidikan pancasila Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Islam Kedungmoro Kunir Lumajang, 3) Mengetahui keefektifan media prisma ajaib berbasis pembelajaran diferensiasi pada mata pelajaran pendidikan pancasila Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Kedungmoro Kunir Lumajang.
Model penelitian ini adalah Research and Development (R&D) pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan lima tahapan yaitu: 1) Analisys, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Lembar validasi ahli media, Lembar validasi ahli materi, Lembar validasi ahli pembelajaran, Lembar angket peserta didik, serta Soal pretest dan posttest.
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah 1) Hasil kevalidan dari para validator ahli dengan nilai rata-rata presentase sebesar 87% yang artinya media Prisma Ajaib memiliki kriteria sangat valid sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran 2) Hasil kepraktisan media Prisma Ajaib dari respon peserta didik sebesar 83% termasuk dalam kriteria sangat praktis dan layak digunakan dalam pembelajaran 3) Hasil efektifitas soal pretest dan posttest dari uji N-Gain memiliki rata-rata sebesar 67% dengan nilai pretest sebesar 56%, postets sebesar 86% yang artinya termasuk dalam kategori cukup efektif dan sudah mencapai tujuan yang diinginkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Muflihatur Rohmah
Date Deposited: 12 Jun 2025 04:33
Last Modified: 12 Jun 2025 04:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42389

Actions (login required)

View Item View Item