KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI SISWA DI SEKOLAH DASAR SWASTA ISLAM ULUL ALBAB KALIWATES JEMBER

Rizal, Ahmad Saiful (2025) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI SISWA DI SEKOLAH DASAR SWASTA ISLAM ULUL ALBAB KALIWATES JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Saiful Rizal_212101030040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK

Ahmad Saiful Rizal, 2025 : “Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Dalam Mengembangkan Kompetensi Siswa di Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Kaliwates Jember”.

Kata kunci: Kepemimpinan, Kepala Sekolah Perempuan, Kompetensi Siswa.

Kepemimpinan kepala sekolah perempuan menjadi menarik untuk dibahas, karena perempuan yang berkarir sebagai kepala sekolah menghadapi tantangan yang lebih kompleks. Mereka sering dihadapkan pada persoalan terkait posisi karir dan tuntutan peran dalam rumah tangga, selain harus menghadapi stereotip sosial yang menggambarkan perempuan sebagai makhluk pasif, lemah, perasa, dan tergantung. Pengembangan kompetensi siswa juga bertujuan untuk meningkatkan seluruh kemampuan individu, yang meliputi pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai, sehingga tidak terjadi kesenjangan kemampuan antar siswa. Upaya ini dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan formal maupun informal.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah perempuan di Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Kaliwates Jember? 2) Bagaimana srategi kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi siswa di Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Kaliwates Jember?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara semiterstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kemudian untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa: 1) Kepala Sekolah SDS Islam Ulul Albab Kaliwates Jember menerapkan gaya kepemimpinan demokratis, yang ditunjukkan melalui pelibatan guru dan staf dalam pengambilan kebijakan serta komunikasi terbuka dengan semua pihak. a. Dalam membuat kebijakan, kepala sekolah selalu melibatkan guru dan staf lewat musyawarah. Kebijakan diambil secara bersama-sama sehingga lebih efektif dan mendapat dukungan penuh. b. Dalam berkomunikasi, kepala sekolah mengutamakan komunikasi dua arah, mendorong partisipasi aktif dari guru, siswa, staf, dan orang tua. Berbagai forum digunakan untuk memastikan semua suara didengar. 2) Kepala Sekolah SDS Islam Ulul Albab Kaliwates Jember mengembangkan kompetensi siswa dengan strategi yang sesuai visi dan misi sekolah, yaitu Trias Cendekia (cerdas agama, cerdas bahasa, dan cerdas sains). Strategi ini diterapkan melalui berbagai program kegiatan siswa, seperti: a. Kecerdasan Agama: Dengan pembelajaran fikih praktik, salat berjamaah, tahfidz, tasmi’, dan gerakan Jumat sedekah untuk membentuk karakter islami sejak dini. b. Kecerdasan Linguistik (Bahasa): Melalui kegiatan muhadhoroh, mewarnai, dan pembelajaran nahwu sharaf untuk meningkatkan kemampuan berbicara, membaca, dan menulis. c. Kecerdasan Eksakta (Sains): Dengan kegiatan olimpiade internal dan eksternal guna mengasah kemampuan berpikir kritis dan semangat berkompetisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ahmad Saiful Rizal
Date Deposited: 12 Jun 2025 06:36
Last Modified: 12 Jun 2025 06:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42407

Actions (login required)

View Item View Item