Roziqin, Achmad (2025) Pengaruh Mental Accounting, Familiarity Bias dan Self-Attribution Bias terhadap Pengambilan Keputusan Investasi Cryptocurrency (Studi Kasus Mahasiswa FEBI UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Achmad Roziqin_212105030077.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci: Mental Accounting, Familiarity Bias, Self-Attribution Bias dan Keputusan Investasi.
Investasi cryptocurrency memiliki karakteristik risiko dan volatilitas tinggi, sehingga keputusan investasi sangat dipengaruhi oleh kondisi psikologis investor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mental accounting, familiarity bias, dan self-attribution bias terhadap pengambilan keputusan investasi cryptocurrency Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Penelitian ini dirumuskan ke dalam empat pertanyaan utama: 1) Apakah mental accounting berpengaruh terhadap keputusan investasi? 2) Apakah familiarity bias berpengaruh terhadap keputusan investasi? 3) Apakah selfattribution bias berpengaruh terhadap keputusan investasi? 4) Apakah ketiganya berpengaruh secara simultan?
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 32 responden. Analisis data dilakukan menggunakan Uji Instrumen Data, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis, serta Analisis Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa mental accounting (X1), familiarity bias (X2), dan self-attribution bias (X3) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap pengambilan keputusan investasi. Selain itu, secara simultan, mental accounting (X1), familiarity bias (X2), dan self-attribution bias (X3) juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan investasi mahasiswa FEBI Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa faktor psikologis memiliki peran penting dalam proses pengambilan keputusan investasi, sehingga investor perlu lebih sadar akan bias-bias yang dapat memengaruhi rasionalitas mereka dalam berinvestasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150205 Investment and Risk Management 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170202 Decision Making |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah |
Depositing User: | Mr Achmad Roziqin |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 01:20 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 01:20 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42442 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |