Rahma, Nabila Auliya (2025) PEMBELAJARAN USHUL FIQIH MENGGUNAKAN KITAB AL-ASYBAH WA AL-NADHAIR FI FURU’ ASY-SYAFI’I KARYA SYEKH IMAM JALALUDDIN AS-SUYUTHI DI PONDOK PESANTREN NURUL HIDAYAH MANGLI JEMBER TAHUN 2025. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Nabila Auliya Rahma_212101010031.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Kata Kunci: Pembelajaran Ushul Fiqih, Al-Asybah Wa Al-Nadhair, Pesantren.
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi dengan adanya pembelajaran ushul fiqih menggunakan kitab Al-Asybah Wa Al-Nadhair Fi Furu’ Asy-Syafi’i Karya Syekh Imam Jalaluddin As-Suyuthi di Pondok Pesantren Nurul Hidayah.
Pembelajaran ushul fiqih di pondok pesantren sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, karena kita hidup tidak jauh dari yang namanya syari’at. Dalam proses pembelajaran peran guru sangat penting dalam pembelajaran ushul fiqih, termasuk dalam hal merencanakan, menerapkan, dan mengevaluasi pembelajaran. Masalah muncul karena pembelajaran seringkali membuat santri pasif, sedangkan pembelajaran yang efektif melibatkan santri aktif dalam berpikir. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran ushul fiqih menggunakan kitab Al-Asybah Wa Al-Nadhair Fi Furu' di Pondok Pesantren Nurul Hidayah? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran ushul fiqih menggunakan kitab al-asybah wa al-nadhair? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran ushul fiqih menggunakan kitab al-asybah wa al-nadhair? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan
pembelajaran ushul fiqih menggunakan kitab Al-Asybah Wa Al-Nadhair Fi Furu’
Asy-Syafi’i di Pondok Pesantren Nurul Hidayah, 2) Untuk mendeskripsikan
pelaksanaan pembelajaran ushul fiqih menggunakan kitab Al-Asybah Wa Al
Nadhair Fi Furu’ Asy-Syafi’i, 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran
ushul fiqih menggunakan kitab Al-Asybah Wa Al-Nadhair Fi Furu’ Asy-Syafi’i.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian berupa deskriptif kualitatif.
Pemilihan subjek penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik
analisis data melalui reduksi data, penyajian data dengan meguraikan isi
penelitian, dan verivikasi. Pengecekan data penelitian ini menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan penelitian ini yaitu 1) Perencanaan yang dilakukan yaitu
menentukan tujuan pembelajaran yakni untuk menambah wawasan, membentuk
santri yang intelektual, afektif, serta membentuk akhlak mulia. Media
pembelajaran yaitu kitab Al-Asybah Wa Al-Nadhair, dan metode yang digunakan
yaitu metode wetonan, 2) Pelaksanaan pembelajaran meliputi tiga tahap: kegiatan
pendahuluan (doa, cek kehadiran, salam pembuka, tawassul), kegiatan inti
(membaca Al-Asybah wa Al-Nadhair dengan penjelasan oleh kyai), serta kegiatan
penutup (motivasi, doa, dan salam), 3) Evaluasi pada saat pembelajaran yaitu kyai
melontarkan pertanyaan kepada santri dan menunjuk santri untuk membaca kitab,
selain itu evaluasi pembelajaran dilakukan melalui kegiatan syawir, sorogan, tutor
sebaya, dan diniyah yang dilakukan setiap sepekan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nabila Auliya Rahma |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 07:50 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 07:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42601 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |