ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI SEMIOTIK MATEMATIS SISWA EKSTROVERT DAN INTROVERT DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BARISAN DAN DERET DI KELAS X MAN 2 JEMBER

Mahmudah, Dianatul (2025) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI SEMIOTIK MATEMATIS SISWA EKSTROVERT DAN INTROVERT DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BARISAN DAN DERET DI KELAS X MAN 2 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DIANATUL MAHMUDAH_211101070021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Kemampuan representasi semiotik matematis merupakan aspek penting dalam proses penyelesaian masalah matematika, karena siswa bisa memahami, mengomunikasikan, dan memecahkan masalah secara lebih efektif melalui berbagai bentuk representasi, seperti simbol, gambar, dan kata-kata. Namun, kenyataannya tidak semua siswa mampu menggunakan beragam representasi semiotik secara optimal. Salah satu faktor yang diduga memengaruhi perbedaan kemampuan representasi semiotik adalah tipe kepribadian siswa, seperti ekstrovert dan introvert, sehingga penting untuk meneliti hubungan antara kedua aspek tersebut guna meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kemampuan representasi semiotik matematis siswa ekstrovert dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret di kelas X MAN 2 Jember, dan (2) mengetahui kemampuan representasi semiotik matematis siswa introvert dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret di kelas X MAN 2 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah empat siswa kelas X-J MAN 2 Jember yang dipilih berdasarkan hasil angket tipe kepribadian, terdiri dari dua siswa ekstrovert dan dua siswa introvert. Instrumen yang digunakan meliputi angket tipe kepribadian Eysenck Personality Inventory (EPI), tes kemampuan representasi semiotik matematis, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi teknik, dengan analisis data model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert menggunakan representasi ikonik dan simbolik, namun belum menunjukkan penggunaan representasi indeks dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret; dan (2) siswa dengan tipe kepribadian introvert menggunakan representasi simbolik, namun tidak menunjukkan representasi ikonik maupun indeks dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret.
Kata Kunci: Kemampuan Representasi Semiotik Matematis; Ekstrovert; Introvert, Barisan dan Deret.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010206 Operations Research
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010301 Numerical Analysis
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Dianatul Mahmudah
Date Deposited: 16 Jun 2025 07:53
Last Modified: 16 Jun 2025 07:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42607

Actions (login required)

View Item View Item