Manajemen pengembangan diversifi-kasi kurikulum muatan lokal pendidikan dasar di Pesantren Miftahul Ulum Kaliwates Jember

Abd, Muis (2015) Manajemen pengembangan diversifi-kasi kurikulum muatan lokal pendidikan dasar di Pesantren Miftahul Ulum Kaliwates Jember. Project Report. IAIN Jember, Jember. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
2. Penelitian; Manajemen Pengembangan Diversi-fikasi Kurikulum Muatan Lokal Pendidikan Dasar.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kajian penelitian ini dilatarbelakangi adanya desentralisasi pendidikan yang memungkinkan daerah dan lembaga pendidikan untuk mengelola dan mengembangkan kurikulum yang digunakan sesuai dengan kondisi dan keadaan daerahnya agar dapat menghasilkan lulusan yang berguna bagi peningkatan kesejahteraan daerah tersebut, salah satu wujud dari desentralisasi pendidikan ini adalah dikembangkannya kurikulum muatan lokal. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan” (1) Bagaimanakah Perencanaan Pengembangan Kurikulum Diversifikasi Muatan Lokal Agama di SD Miftahul Ulum Kaliwates Jember? (2) Bagai-manakah Pelaksanaan Pengembangan Kurikulum Diversifikasi Muatan Lokal Agama di SD Miftahul Ulum Kaliwates Jember? (3) Bagaimanakah Evaluasi Pengembangan Kurikulum Diversifikasi Muatan Lokal Agama di SD Miftahul Ulum Kaliwates Jember? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian dilaksanakan di SD Miftahul Ulum Kaliwates Jember. Sekolah ini dijadikan sumber data untuk mendapatkan potret manajemen pengembangan kurikulum diversifikasi muatan lokal agama. Datanya diperoleh dengan cara wawancara bebas, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan fenomenologi dan analisis deskriptif menggunakan logika induksi, deduksi dan refleksi. Kajian ini menunjukan bahwa : (1) Proses pengembangan kurikulum diversifikasi muatan lokal agama di SD Miftahul Ulum Kaliwates Jember dilaksanakan langsung oleh pihak sekolah yaitu kepala sekolah, guru bidang studi muatan lokal agama, dan komite sekolah. Pengembangan kurikulum muatan lokal agama di sekolah ini berpegang pada beberapa prinsip, yaitu: (a) Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya (b) Beragam dan terpadu (c) Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (d) Relevan dengan kebutuhan kehidupan (e) Menyeluruh dan berkesinambungan (f) Belajar sepanjang hayat (g) Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah. Terdapat sejumlah materi kurikulum diversifikasi muatan lokal agama yang dikembangkan di SD Miftahul Ulum Kaliwates Jember yaitu: Bahasa Arab, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam, al-Qur’an Hadits, Akidah Akhlak, dan Baca Tulis alQur’an (BTA). (2) Pelaksanaan Pengembangan kurikulum diversifikasi muatan lokal agama di SD Miftahul Ulum Kaliwates Jember dilaksanakan melalui dua tahapan yaitu: (a) Tahap pelaksanaan (organizing), yang meliputi proses pengembangan standar kompetensi, kompetensi dasar, serta silabus oleh guru muatan lokal agama islam di SD Miftahul Ulum Kaliwates Jember, dan dilanjutkan dengan proses pembelajaran kurikulum muatan lokal agama islam, dan (b) Tahap pengarahan (actuating), meliputi pemberian motivasi kepada siswa pada saat proses belajar mengajar (PBM) dan melaksanakan hafalan pelajaran serta mata pelajaran yang memerlukan praktek, oleh masing-masing guru diversifikasi muatan lokal agama. (3) Evaluasi (evaluating) kurikulum diversifikasi muatan lokal agama di SD Miftahul Ulum Kaliwates Jember dilakukan secara langsung oleh guru yang menangani materi muatan lokal agama yang dilakukan setiap pada akhir semester pembelajaran, iv berdasarkan hal tersebut guru kemudian menyampaikanya pada rapat akhir semester dan akhir tahun apakah pengembangan kurikulum yang dilakukan sudah berjalan dengan baik atau sebaliknya. Jenis evaluasi kurikulum diversifikasi muatan lokal agama yang dilakukan SD Miftahul Ulum Kaliwates Jember, tergolong jenis evaluasi kurikulum bentuk evaluen, yaitu jenis evaluasi kurikulum yang dikelompokan berdasarkan karakteristik evaluen yang terdiri atas: (a) Evaluasi konteks (b) Evaluasi dokumen, (c) Evaluasi proses, dan (d) Evaluasi Produk/hasil. Sekolah mengadakan pengawasan (controlling) kurikulum yaitu dengan mengadakan kontrol terhadap perkembangan hasil belajar siswa dengan mengadakan evaluasi/tes, oleh masingmasing guru diversifikasi muatan lokal agama. Temuan hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa manajemen pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum diversifikasi muatan lokal agama di SD Miftahul Ulum Kaliwates Jember berjalan relatif baik dan lancar, serta sesuai dengan beberapa aturan dan prinsip yang telah ditentukan oleh pemerintah dalam upaya mem-bimbing satuan pendidikan dalam langkah praktisnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan Penelitian,
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Haryono Raiman
Date Deposited: 05 Jul 2019 05:02
Last Modified: 05 Jul 2019 06:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/427

Actions (login required)

View Item View Item