Fadilah, Riski Putri Nur (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DAKON SMART MATEMATIKA (DASARMAT) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN DI KELAS IV MIMA 35 NURUL ULUM AMBULU JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Riski Putri Nur Fadilah (211101040015).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Riski Putri Nur Fadilah, 2025 : Pengembangan Media Pembelajaran Dakon Smart Matematika (DASARMAT) Pada Pembelajaran Matematika Materi Pola Di Bilangan Kelas IV MIMA 35 Nurul Ulum Ambulu Jember.
Kata Kunci : Pengembangan Media Pembelajaran, Media
Penggunaan media merupakan kebutuhan yang sangat penting pada proses pembelajaran terutama dalam mendukung pemahaman belajar peserta didik serta mempermudah tercapainya tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di MIMA 35 Nurul Ulum, terdapat sebuah problematika, yaitu siswa kelas IV masih kesulitan dalam materi kelipatan seperti materi pola bilangan. Maka dari itu media dakon smart matematika ini digunakan untuk mempermudah siswa dalam memahami pembelajaran matematika yang berkaitan dengan bilangan kelipatan terutama materi pola bilangan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengembangan media dakon smart matematika (DASARMAT) pada pembelajaran matematika materi pola bilangan kelas IV MIMA 35 Nurul Ulum?., 2) Bagaimana kelayakan media dakon smart matematika (DASARMAT) pada pembelajaran matematika materi pola bilangan kelas IV MIMA 35 Nurul Ulum?., 3) Bagaimana respon peserta didik terhadap penggunaan media dakon smart matematika (DASARMAT) pada pembelajaran matematika materi pola bilangan kelas IV MIMA 35 Nurul Ulum?.
Tujuan dari pengembangan media ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan pengembangan media dakon smart matematika pada pembelajaran matematika materi pola bila gan kelas IV MIMA 35 Nurul Ulum., 2) Untuk mendeskripsikan kelayakan media dakon smart matematika pada pembelajaran matematika matri pola bilangan kelas IV MIMA 35 Nurul Ulum., 3) Untuk mendeskripsuikan respon peserta didik terhadap pengguanaan media dakon smart matematika pada pembelajaran matematika materi pola bilangan kelas IV MIMA 35 Nurul Ulum.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang dilakukan yaitu model pengembangan ADDIE, menurut Sugiyono model pengembangan ADDIE ini sangat cocok dalam penelitian Pengembangan karena tahap pengembangan ADDIE sangat sistematis dilakukan dalam penelitian pengembangan untuk menghasilkan dan mengujin kefektifan produk yaitu dengan menggunakan 5 tahapan (analysisi, design, development, implementation, dan evaluation).
Hasil penelitian ini yaitu : 1. Produk yang dikembangkan berupa media dakon smart matematika (DASARMAT) yang berisikan materi tentang pola bilangan. Media tersebut terbuat dari bahan triplek dengan komonen-komponen yang ada didalamnya dan desain media yang revelan dengan materi pembelajaran.
2. Hasil presentase media pembelajaran dari ahli media 95%, ahli materi 86%, dan ahli pembelajaran 82% dan secara keseluruhan mendapatkan hasil rata-rata 87,67% dengan kategori sangat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran. 3. Hasil penggunaan media dakon smart matematika (DASARMAT) menggunakan angket respon dari peserta didik memperoleh hasil 93,7% dengan kategori sangat menarik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Riski Putri Nur Fadilah |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 03:00 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 03:00 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42725 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |