Manajemen Layanan E-library dalam Meningkatkan Budaya Literasi Mahasiswa Di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Khumairoh, Laelatul (2025) Manajemen Layanan E-library dalam Meningkatkan Budaya Literasi Mahasiswa Di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Laelatul Khumairoh_211101030008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Layanan e-library merupakan salah satu inovasi perpustakaan digital yang bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam mengakses berbagai sumber informasi dan referensi akademik. Mahasiswa sebagai generasi akademik dituntut untuk memiliki budaya literasi yang baik. Untuk mendukung hal tersebut, perpustakan UIN KHAS Jember mengembangkan layanan e-library sebagai sarana akses literasi digital. Layanan ini diharapkan mampu meningkatkan minat baca serta memudahkan mahasiswa dalam memperoleh sumber informasi. Namun, keberhasilan layanan ini sangat dipengaruhi oleh proses manajemen yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan layanan e-library dalam meningkatkan budaya literasi mahasiswa di UIN KHAS Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan layanan e-library dalam meningkatkan budaya literasi mahasiswa di UIN KHAS Jember? 3) Bagaimana evaluasi layanan e-library dalam meningkatkan budaya literasi mahasiswa di UIN KHAS Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan layanan e-library dalam meningkatkan budaya literasi mahasiswa di UIN KHAS Jember? 2) Untuk mengetahui pelaksanaan layanan e-library dalam meningkatkan budaya literasi mahasiswa di UIN KHAS Jember? 3) Untuk mengetahui evaluasi layanan e-library dalam meningkatkan budaya literasi mahasiswa di UIN KHAS Jember?
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive. Pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Kemudian analisis data penelitian ini menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1) Perencanaan layanan e-library dilakukan melalui pemetaan kebutuhan pengguna dengan mengumpulkan usulan judul dari mahasiswa dan dosen, penyediaan SDM yang kompeten, penguatan infrastruktur teknologi, serta koordinasi pengadaan koleksi digital dengan UKPBJ. 2) Pelaksanaan layanan dilakukan melalui pengenalan aplikasi e-library, penyediaan fitur digital yang mudah diakses, serta sosialisasi dan pelatihan kepada mahasiswa dan dosen. 3) Evaluasi layanan dilakukan secara berkala namun belum terstruktur, masih bergantung pada kuesioner dan data kunjungan. Kendala teknis seperti kesulitan login dan gangguan server direspon oleh perpustakaan dengan penyediaan admin layanan dan kerja sama dengan TIPD. Evaluasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan serta budaya literasi digital mahasiswa.
Kata Kunci: Manajemen, layanan e-library, budaya literasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Laelatul Khumairoh
Date Deposited: 17 Jun 2025 04:29
Last Modified: 17 Jun 2025 04:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42765

Actions (login required)

View Item View Item