ANALISIS STRATEGI BRAND IMAGE MELALUI MEDIA SOSIAL DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 JEMBER

Catur Wulandari, Febi (2025) ANALISIS STRATEGI BRAND IMAGE MELALUI MEDIA SOSIAL DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Febi Catur Wulandari_212101030016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (203MB)

Abstract

ABSTRAK
Febi Catur Wulandari, 2025: Analisis Strategi Brand Image Melalui Media
Sosial di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember
Kata kunci: Brand Image, Media Sosial
Di era digital saat ini, media sosial menjadi alat penting dalam membangun citra
merek (brand image) sebuah institusi, termasuk madrasah. MTSN 9 Jember memanfaatkan
media sosial untuk meningkatkan reputasi dan menarik perhatian masyarakat luas. Namun,
efektivitas strategi yang digunakan dalam membangun brand image melalui media sosial
perlu dianalisis agar dapat lebih optimal. Oleh karena itu, peneliti bertujuan untuk mengkaji
strategi brand image yang diterapkan MTSN 9 Jember melalui media sosial sebagai upaya
memperkuat citra madrasah di tengah persaingan dunia pendidikan.
Fokus pada penelitian ini yaitu 1) Bagaimana kekuatan brand image melalui
media sosial di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember? 2) Bagaimana kelemahan
brand image melalui media sosial di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember? 3)
Bagaimana peluang brand image melalui media sosial di Madrasah Tsanawiyah
Negeri 9 Jember? 4) Bagaimana ancaman brand image melalui media sosial di
Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember?
Tujuan pada penelitian ini 1) Untuk mengetahui kekuatan brand image
melalui media sosial di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember. 2) Untuk
mengetahui kelemahan brand image melalui media sosial di Madrasah Tsanawiyah
Negeri 9 Jember. 3) Untuk mengetahui peluang brand image melalui media sosial
di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember? 4) Untuk mengetaui ancaman brand
image melalui media sosial di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian
fenomenologi. Subjek penelitian menggunakan teknik purposive dengan sumber
data kepala madrasah, Waka Humas, Pengelola media sosial, siswa dan orang tua
siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan Miles,
Huberman, dan Saldana melalui kondensasi data, tampilan data, dan penarikan
kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi
teknik.
Hasil penelitian adalah 1) Kekuatan pada brand image melalui media sosial
memberikan keunggulan utama yang berdampak positif bagi madrasah,
memudahkan penyampaian informasi dan mendukung kegiatan belajar siswa. 2)
Kelemahan dalam pengelolaan media sosial, seperti struktur tim yang belum
optimal dan frekuensi upload konten yang masih kurang. 3)Peluang yang dapat
dimanfaatkan untuk kemajuan branding madrasah dengan memanfaatkan tren
media sosial sebagai sarana promosi dan komunikasi dua arah yang efektif.
Sehingga bisa membangun hubungan yang kuat dengan audiens, meningkatkan citra
positif, memperluas jangkauan informasi, serta berpotensi meningkatkan jumlah
pendaftar baru. 4) Ancaman yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu, sumber
daya, dan perlengkapan dalam pengelolaan media sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Febi Catur Wulandari
Date Deposited: 17 Jun 2025 04:09
Last Modified: 17 Jun 2025 04:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42768

Actions (login required)

View Item View Item