Putri, Nafisah Anggi (2025) Gerakan Sekolah Mengaji Menggunakan Metode Tilawati dalam Pembinaan Kemampuan Membaca Al-Qur'an di Sekolah Menengah Pertama Negeri 05 Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Nafisah Anggi Putri_214101010012.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (15MB) |
Abstract
Gerakan Sekolah Mengaji (GSM) merupakan program pendidikan Al-Qur’an yang diinisiasi oleh pemerintah Kabupaten Lumajang sebagai upaya menumbuhkan kesadaran dan ketertarikan peserta didik pada nilai-nilai Al-Qur'an di lingkungkan sekolah. Meskipun program ini baru diresmikan pada tahun 2023, beberapa sekolah telah mengimplementasikannya terlebih dahulu. Salah satunya adalah SMP Negeri 05 Lumajang yang telah menjalankan GSM sejak tahun 2022.
Fokus penelitian dalam skripsi ini membahas dua hal, yaitu: 1) bagaimana implementasi gerakan sekolah mengaji di SMP Negeri 05 Lumajang? 2) bagaimana penerapan metode tilawati dalam pelaksanaan gerakan sekolah mengaji di SMP Negeri 05 Lumajang?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan implementasi gerakan sekolah mengaji di SMP Negeri 05 Lumajang. 2) mendeskripsikan penerapan metode tilawati dalam pelaksanaan gerakan sekolah mengaji di SMP Negeri 05 Lumajang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif deskriptif interaktif model Miles, Huberman, dan Saldana melalui tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi sumber dan teknik digunakan untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini.
Hasil penelitian ini adalah 1) implementasi Gerakan Sekolah Mengaji (GSM) di SMP Negeri 05 Lumajang telah berjalan sejak tahun 2022 atas inisiatif guru PAI dan kepala sekolah sebelum diresmikan oleh pemerintah Kabupaten Lumajang pada tahun 2023. Keberhasilan ini diperoleh berkat adanya komunikasi yang baik antar pelaksana GSM, ketersediaan sumber daya yang memadai dengan pengajar bersyahadah tilawati, jadwal pelaksanaan yang konsisten, struktur organisasi yang jelas dan efektif, serta integrasi dengan kegiatan keagamaan lain yang telah ada di sekolah. 2) penerapan metode tilawati dalam pelaksanaan GSM di SMP Negeri 05 Lumajang dilatarbelakangi oleh kemudahan dalam pembelajaran, popularitas metode tilawati di Kabupaten Lumajang, dan ketersediaan buku panduan yang praktis. Metode tilawati diterapkan secara terstruktur mulai dari pembukaan, kegiatan inti, hingga evaluasi melalui munaqosah. Penerapan ini mendukung tercapaikan tujuan pembelajaran yang optimal, terutama dalam membina kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik.
Kata kunci: gerakan sekolah mengaji, metode tilawati, kemampuan membaca Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nafisah Anggi Putri |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 02:01 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 03:37 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42853 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |