Putra, Afin (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Smart Apps Creator Afin (SACA) Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Materi Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila Di Lingkungan Rumah Siswa Kelas II SDS I Ulul Albab. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKIRPSI Afin Pradana Putra.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) |
Abstract
Afin Pradana Putra, 2025 : Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Smart Apps Creator Afin (SACA) Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Materi Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila Di Lingkungan Rumah Siswa Kelas II SDS I Ulul Albab.
Kata Kunci : Pendidikan Pancasila, Smart Apps Creator (SACA), SDS I Ulul Albab.
Smart Apps Creator Afin (SACA) adalah sebuah aplikasi berbasis perangkat lunak yang di rancang untuk meningkatkan kualitas kreativitas siswa, memperbaiki pengelolaan materi ajar yang lebih menarik. proses pembelajaran Pendidikan Pancasila di SDS I Ulul Albab saat ini masih terbatas pata lembar kerja peserta didik (LKPD) dan buku paket, sehingga siswa mengalami kesulitan memahami materi. Media Smart Apps Creator Afin (SACA) dipilih sebagai solusi karena menciptakan proses pembelajaran yang lebih menyenagkan, lebih aktif dan memudahkan peserta didik untuk memahami materi yang di ajarkan. Media Smart Apps Kreator ini juga dapat menciptakan media pembelajaran yang visual, dan relevan di era digital saat ini.
Penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana validasi Media Smart Apps Creator Afin (SACA) Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas II SDS I Ulul Albab? (2) Bagaimana kelayakan Media Smart Apps Creator Afin (SACA) Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas II SDS I Ulul Albab? (3) Bagaimana kepaktisan Media Smart Apps Creator Afin (SACA) Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas II SDS I Ulul Albab? (4) Bagaimana efektifan Media Smart Apps Creator Afin (SACA) Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas II SDS I Ulul Albab?
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan Validitas Media Smart Apps Creator Afin (SACA) Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas II SDS I Ulul Albab (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan Kelayakan Media Smart Apps Creator Afin (SACA) Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas II SDS I Ulul Albab. (3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan Kepraktisan Media Smart Apps Creator Afin (SACA) Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas II SDS I Ulul Albab. (4) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan Evektifan Media Smart Apps Creator Afin (SACA) Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas II SDS I Ulul Albab
Pengembangan media pembelajaran Berbasis Smart Apps Creator (SAC) menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang mencakup lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, angket.
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah 1) Hasil kelayakan media pembelajaran Berbasis Smart Apps Creator (SAC) Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Materi Menerapkan Nilai-nilai Pancasila Di Lingkungan Rumah Siswa Kelas II SDS I Ulul Albab yakni uji validasi ahli media 98,4% dan uji validasi ahli materi 85%. 2) Hasil dari analisis kepraktisan produk yang di peroleh dari guru kelas sebesar 94%, sedangkan hasil dari peserta didik 90,8%. Hasil analisis kepraktisan tergolong dalam kategori sangat praktis. 3) Hasil dari analisis keefektifan mendapatkan skor 75.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email afinpradana239@gmail.com |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 03:28 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 03:28 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42949 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |