PENGARUH PENILAIAN BERBASIS LOW ORDER THINKING SKILL (LOTS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS DI SMP MGMP WILAYAH JEMBER TENGAH TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Rahmawati, Elok (2025) PENGARUH PENILAIAN BERBASIS LOW ORDER THINKING SKILL (LOTS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS DI SMP MGMP WILAYAH JEMBER TENGAH TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ELOK RAHMAWATI-SKRIPSI FINAL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan di abad ke-21 menuntut siswa untuk memiliki kemampuan berpikir yang lebih tinggi termasuk berpikir kreatif. Selama beberapa tahun terakhir, terdapat kecenderungan di kalangan guru untuk lebih menekankan pada High Order Thinking Skills (HOTS) dalam proses pembelajaran. Namun, pada kenyataannya, tidak semua siswa memiliki kemampuan dasar yang kuat, yang merupakan prasyarat untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi tersebut. Apabila peserta didik belum siap untuk melakukan keterampilan berpikir tingkat tinggi, maka perlu dibangun terlebih dahulu fondasi proses berpikir tingkat rendah yang kuat.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah penilaian berbasis LOTS berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mata pelajaran IPS di SMP MGMP Wilayah Jember Tengah Tahun Pelajaran 2024/2025? Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penilaian berbasis LOTS terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mata pelajaran IPS di SMP MGMP Wilayah Jember Tengah Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode non-eksperimental korrelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik parametrik uji regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh penilaian berbasis LOTS terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mata pelajaran IPS di SMP MGMP Wilayah Jember Tengah Tahun Pelajaran 2024/2025. Adanya pengaruh tersebut dapat dibuktikan dari hasil uji analisis statistik parametrik uji regresi linier sederhana yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,031 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak dengan koefisien determinasi sebesar 3%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LOTS berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mata pelajaran IPS meskipun kontribusinya relatif kecil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs. Elok Rahmawati
Date Deposited: 18 Jun 2025 06:56
Last Modified: 18 Jun 2025 06:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43019

Actions (login required)

View Item View Item