Nisa, Nadiatun (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KULINER WARUNG TERA’ MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Skripsi_Fix_Warung_Tera'_New_watermax.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Pertumbuhan bisnis kuliner di Indonesia semakin pesat dan memicu persaingan yang ketat di antara pelaku usaha. Banyak usaha kuliner yang muncul, namun tidak semuanya mampu bertahan karena kurangnya strategi yang tepat menerapkan prinsip-prinsip dalam berbisnis, termasuk dalam perspektif ekonomi Islam. Berbagai usaha kuliner bermunculan dengan konsep dan keunggulan masing-masing, menciptakan persaingan yang semakin ketat. Salah satu usaha kuliner yang telah terbukti mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama adalah Warung Tera, yang telah beroperasi hampir 20 tahun di Jember.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana strategi pengembangan yang dijalankan oleh Warung Tera' saat ini?. 2) Bagaimana kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan usaha Warung Tera'?. 3) Bagaimana strategi pengembangan usaha kuliner Warung Tera' dalam perspektif ekonomi islam?.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui strategi pengembangan yang dijalankan oleh Warung Tera' saat ini. 2) Untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan usaha Warung Tera’. 3) Untuk mengetahui strategi pengembangan usaha kuliner Warung Tera' dalam persepektif ekonomi islam.
Untuk mengindentifikasi permasalahan dan menjawab fokus penelitian maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. dan teknik penentuan subjek purposive. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Warung Tera telah menerapkan strategi pengembangan usaha secara terstruktur melalui tiga aspek utama, yaitu strategi pemasaran dengan pendekatan marketing mix, strategi produksi yang menekankan konsistensi kualitas dan inovasi menu, serta strategi pengembangan sumber daya manusia melalui pelatihan dan pembagian tugas. 2) Berdasarkan analisis SWOT, Warung Tera memiliki kekuatan pada keunikan menu dan kualitas, serta peluang ekspansi usaha. Namun, terdapat kelemahan dalam variasi menu dan promosi digital, serta ancaman dari persaingan dan fluktuasi harga bahan baku. Empat strategi alternatif (S-O, W-O, S-T, W-T) dirumuskan untuk mengoptimalkan potensi dan mengatasi tantangan. 3) Strategi yang dijalankan mencerminkan prinsip ekonomi Islam, yaitu tauhid, keadilan, dan tanggung jawab, sehingga usaha tidak hanya mengejar keuntungan duniawi, tetapi juga keberkahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis SWOT, Strategi Pengembangan, Ekonomi Islam |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140201 Agricultural Economics 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140217 Transport Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mrs Nadiatun Nisa |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 08:04 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 08:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43043 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |