Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII SMPN 2 Ambulu

Ramadhani, Novia Putri (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII SMPN 2 Ambulu. Undergraduate thesis, Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI NOVIA PUTRI SIDANG (Autosaved) 1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan latar belakang penelitian yang telah di temukan di SMP Negeri 2 Ambulu, terdapat model pembelajaran yang kurang bervariasi yang digunakan oleh guru IPS. Model yang sering digunakan yaitu model konvesional yang dimana berpusat pada guru dan bersifat satu arah dalam menyampaikan materi diduga menyebabkan siswa merasa bosan dan minat belajarnya terhadap IPS menjadi rendah. Model pembelajaran discovery learning diusulkan sebagai alternatif yang dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan meningkatkan keaktifan siswa. Discovery learning mendorong siswa untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran melalui eksplorasi dan penemuan informasi secara mandiri atau dalam kelompok. Dengan pendekatan ini, siswa tidak hanya menerima informasi, tetapi juga terlibat dalam diskusi, dan kolaborasi, sehingga suasana belajar menjadi lebih dinamis dan menarik. Tujuan utama dari penelitian ini yaitu untuk mengeksplorasi bagaimana pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap minat belajar siswa dengan mereka yang menggunakan metode konvesional pada materi pemberdayaan sosial budaya di masyarakat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Eksperiment. Desain yang diterapkan adalah Non-Equivalent Control Group Desaign, yang berarti penelitian ini mirip dengan model Pretst-Postest Control Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penelitian pengukuran awal dan akhir. Uji instrumen meliputi validitas dan reliabilitas, serta analisis data dilakukan dengan menggunakan Independent Sample T-Test.
Hasil Penelitian analisis data dari uji Independent Sample T-test. Melalui program SPSS versi 25 diperoleh nilai Sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran discovery learning terhadap minat belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Ambulu. Dengan demikian, hasil tersebut mendukung hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh signifikan antara model pembelajaran discovery learning dan minat belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 2 Ambulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Novia Putri Ramadhani
Date Deposited: 18 Jun 2025 09:11
Last Modified: 18 Jun 2025 09:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43090

Actions (login required)

View Item View Item