Komparasi guru yang telah mengikuti sertifikasi dan yang belum mengikuti sertifikasi terhadap kompetensi profesional di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Jember

Abd, Muis (2015) Komparasi guru yang telah mengikuti sertifikasi dan yang belum mengikuti sertifikasi terhadap kompetensi profesional di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Jember. FENOMENA, 14 (1). pp. 75-98. ISSN 1412-5439

[img]
Preview
Text
6. Jurnal; Komparasi Guru Yang Telah Mengikuti Sertifikasi Dan Yang Belum Mengikuti Sertifikasi.pdf

Download (588kB) | Preview
Official URL: http://ejournal.iain-jember.ac.id/index.php/fenome...

Abstract

Upaya pemerintah yang berorientasi menghasilkan sumber daya manusia berkualitas dan kompeten tidak lepas dari kiprah seorang guru yang profesional. Komitmen pemerintah dalam rangka percepatan peningkatan kualitas tenaga kependidikan (guru) adalah melakukan standar kompetensi dan sertifikasi guru. Sertifikasi dapat memfasilitasi permasalahanpermasalahan yang dapat menjadi kendala untuk mencapai suatu tujuan, bukan tujuan itu sendiri. Guru yang sudah mengikuti sertifikasi, sejatinya bukan untuk mendapatkan insentif belaka/ tunjangan profesi, melainkan untuk dapat menunjukkan bahwa yang bersangkutan telah memiliki kompetensi sebagai syarat standar kompetensi guru, tunjangan profesi adalah konsekuensi logis yang menyertai adanya kemampuan yang dimaksud, dengan kata lain kompetensi berbanding lurus dengan reward. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren di wilayah kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian komparasi. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner dan checklist. Analisis statistik menggunakan Uji t dan uji hipotesis dengan membandingkan t hitung dengan t tabel.Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan bagi guru yang sudah sertifikasi dan guru yang belum mengikuti sertifikasi baik dalam penguasaan materi, proses pembelajaran, hubungan interpersonal dan penilaian berbasis kelas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Komparasi, Sertifikasi Guru, Kompetensi Profesional
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Haryono Raiman
Date Deposited: 05 Jul 2019 05:23
Last Modified: 05 Jul 2019 06:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/431

Actions (login required)

View Item View Item