Fidaroin, Hafidatul Zayidah (2025) Pengembangan Media Busy Book Recycle Dalam Berfikir Simbolik Pada Tema Binatang Darat Kelompok B di TK Darussalam Ambulu Jember Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
hafidatul zayidah fidaroin.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Anak usia dini merupakan salah satu individu yang sedang mengalami perkembangan sangat pesat. Pertumbuhan dan perkembangan nya membutuhkan rangsangan secara optimal, sehingga dapat bertumbuh dan berkembang sesuai dengan tahap usianya. Keberhasilan proses pembelajaran dapat tercapai dengan baik melalui media yang tepat. Proses pembelajaran yang kurang efektif akan membuat proses pembelajaran tidak tercapai dengan maksimal. Oleh karena itu, adanya media tersebut sebagai alternatif untuk mendukung keberhasilan perkembangan berfikir simbolik, karena dikemas secara edukatif sehingga meningkatkan semangat dan minat anak dalam belajar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana pengembangan media busy book recycle dalam berfikir simbolik pada tema binatang darat kelompok B di TK Darussalam Ambulu Jember? (2) Bagaimana kelayakan pengembangan media busy book recycle dalam berfikir simbolik pada tema binatang darat kelompok B di TK Darussalam Ambulu Jember? (3) Bagaimana efektivitas pengembangan media busy book recycle dalam berfikir simbolik pada tema binatang darat kelompok B di TK Darussalam Ambulu Jember?
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan media busy book recycle dalam berfikir simbolik pada tema binatang darat kelompok B di TK Darussalam Ambulu Jember. (2) Mengetahui kelayakan pengembangan media busy book recycle dalam berfikir simbolik pada tema binatang darat kelompok B di TK Darussalam Ambulu Jember. (3) Mengetahui efektifitas pengembangan media busy book recycle dalam berfikir simbolik pada tema binatang darat kelompok B di TK Darussalam Ambulu Jember.
Pengembangan ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, angket (kuesioner) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Terdapat tiga ahli validator dalam penelitian ini yaitu validator ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran. Subjek penelitian yang digunakan yaitu peserta didik kelompok TK B Darussalam Ambulu Jember.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan produk yang berupa media busy book recycle pada materi berfikir simbolik dalam prosedur tahapan ADDIE, dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat (2) Hasil dari kelayakan media busy book recycle oleh keseluruhan ahli validator diperoleh sebesar 96% dengan kategori sangat layak (3) Data efektifitas produk diperoleh dari hasil pretest yang mencapai 84% dan rata-rata nilai posttest mencapai 95% dengan adanya peningkatan 11% sehingga media busy book recycle efektif digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms Hafidatul Zayidah Fidaroin |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 04:18 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 04:18 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43180 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |