Lestari, Alfina Damayanti Dwi (2025) Penerapan metode syawir pada pembelajaran fiqih kitab nihayatuzzain dalam meningkatkan berpikir kritis santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Jember. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Alfina Damayanti Dwi Lestari_233206030035.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Lestari, Alfina Damayanti Dwi. 2025. Penerapan Metode Syawir Pada Pembelajaran Fiqih Kitab Nihayatuzzain dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Jember. Pembimbing I: Dr. H. Moh. Sahlan, M.Ag. Pembimbing II: Dr. H. Mustajab, S.Ag, M.Pd.I
Kata Kunci: Metode Syawir, Berpikir Kritis.
Berkembangnya zaman sangat mempengaruhi semua lini kehidupan, seperti ekonomi, politik, sosial bahkan dalam pendidikan. Perkembangan ini harus juga diseimbangkan dengan adanya pemikiran kritis dari penerus bangsa khususnya para santri. Keterampilan berpikir kritis harus dikembangkan dalam proses pembelajaran, salah satunya adalah dengan metode syawir (diskusi). Penerapan metode syawir menuntut santri untuk berpikir analitis dan ilmiah, serta mendorong santri untuk saling bertukar pendapat.
Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana Proses Perencanaan Metode Syawir dalam Pembelajaran Fiqih Kitab Nihayatuzzain dapat Meningkatkan Berpikir Kritis Santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Jember? (2) Bagaimana Pola Pelaksanaan Metode Syawir dapat Meningkatkan Pemahaman dan Berpikir Kritis Santri saat Membaca Kitab Nihayatuzzain? (3) Bagaimana Teknik Evaluasi Metode Syawir dalam Pembelajaran Fiqih Kitab Nihayatuzzain dapat Mengidentifikasi Keberhasilan dan Keterbatasan dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis Proses Perencanaan Metode Syawir dalam Pembelajaran Fiqih Kitab Nihayatuzzain dapat Meningkatkan Berpikir Kritis Santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Jember. (2) Menganalisis Pola Pelaksanaan Metode Syawir dapat Meningkatkan Pemahaman dan Berpikir Kritis Santri saat Membaca Kitab Nihayatuzzain. (3) Menganalisis Teknik Evaluasi Metode Syawir dalam Pembelajaran Fiqih Kitab Nihayatuzzain dapat Mengidentifikasi Keberhasilan dan Keterbatasan dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Jember. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu Pengasuh sekaligus Mushohih serta para santri Pondok Pesantren Nurul Hidayah Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber, Triangulasi teknik dan Membercheck atau pengecekan anggota.
Hasil penelitian : 1) menentukan kitab dan bab yang akan dibahas, pembagian kelompok syawir, menentukan petugas syawir, menyusun jadwal dan waktu pelaksanaan, persiapan teknik dan fasilitas. 2) Pola yang digunakan melalui tiga tahap (pembuka, inti, penutup) yang didalamnya mampu membangun partisipasi aktif santri dalam pembelajaran. Pada tahap inti, aktivitas membaca, memaknai, menjelaskan, serta berdiskusi mencerminkan prinsip critical thinking. 3) Teknik evaluasi yang digunakan adalah dengan metode sorogan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Alfina Damayanti Dwi Lestari |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 06:45 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 06:45 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43206 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |