Analisis Wacana Kritis Model Roger Fowler Pada Iklan Diskon Shopee Perspektif Komunikasi dan Penyiaran Islam

Nazila A'la, Putri Rizqi Nur (2025) Analisis Wacana Kritis Model Roger Fowler Pada Iklan Diskon Shopee Perspektif Komunikasi dan Penyiaran Islam. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI Putri Rizqi Nur Nazila A’la _211103010025_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK
Putri Rizqi Nur Nazila A’la, 2025 : Analisis Wacana Kritis Model Roger Fowler Pada Iklan Diskon Shopee Perspektif Komunikasi dan Penyiaran Islam.
Kata kunci : Analisis Wacana Kritis, Iklan Diskon, Konsumerisme, Roger Fowler, Shopee.
Perkembangan teknologi digital dan meningkatnya penggunaan media sosial telah membawa perubahan signifikan dalam dunia periklanan. Iklan diskon shopee, khususnya, seringkali mendorong perilaku konsumtif dan pembelian impulsif di kalangan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan Analisis Wacana Kritis model Roger Fowler untuk mengkaji bagaimana e-commerce shopee membentuk dan mengarahkan persepsi konsumen melalui pilihan kosakata dan struktur bahasa dalam penyajian iklan diskon.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana model Roger Fowler dalam analisis wacana kritis dapat diterapkan untuk memahami konstruksi makna dalam iklan diskon e-commerce pada platform shopee? 2) Bagaimana shopee menggunakan kata-kata untuk mempengaruhi persepsi konsumen dan mendorong pembelian? 3) Bagaimana penggunaan kosakata dan bahasa iklan diskon shopee ditinjau dari perspektif Komunikasi dan Penyiaran Islam. Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk memahami konstruksi makna dalam iklan diskon e-commerce pada platform shopee. 2) untuk memahami penggunaan kata-kata yang digunakan oleh shopee dalam mempengaruhi persepsi konsumen dan mendorong pembelian. 3) untuk mengetahui penggunaan kosakata dan bahasa iklan diskon shopee ditinjau dari perspektif Komunikasi dan Penyiaran Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, studi dokumentasi, studi kepustakaan dan penyebaran kuisioner. Kemudian, teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis wacana model Roger Fowler yang menganalisis kosakata dan tata bahasa yang digunakan pada iklan diskon shopee.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa Analisis Wacana Kritis Model Roger Fowler dalam iklan diskon shopee mengkonstruksi makna tentang gaya hidup yang konsumeris. Penggunaan kosakata dan tata bahasa yang ditampilkan shopee memiliki peran penting yang mampu mempengaruhi persepsi konsumen terhadap suatu produk. Dalam perspektif Komunikasi dan Penyiaran Islam ditemukan bahwa penggunaan kosakata dan bahasa dalam iklan diskon shopee berpotensi bertentangan atau mengaburkan nilai-nilai islam, khususnya nilai kejujuran, kesederhanaan dan tanggungjawab konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nazila Putri
Date Deposited: 19 Jun 2025 06:57
Last Modified: 19 Jun 2025 06:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43238

Actions (login required)

View Item View Item