Illiyin Fissabily, Dara Ainun (2025) IMPLEMENTASI METODE PERMAINAN BISIK BERANTAI UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI POS PAUD ASTER 36 JEMBER TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN K.H Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI DARA-1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (16MB) |
Abstract
Dara Ainun Illiyin Fissabily, 2025 : Implementasi Metode Permainan Bisik Berantai Untuk Menumbuhkan Kemampuan Anak Usia Dini Kelompok A di Pos PAUD Aster 36 Jember Tahun Ajaran 2024/2025
Kata Kunci : Kelompok A, Kemampuan Anak Usia Dini, Permainan Bisik Berantai, Pos PAUD Aster 36
Dalam dunia pendidikan khususnya di lingkungan sekolah, penting bagi guru menerapkan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kemampuan dalam diri anak. perlunya metode pembelajaran digunakan di dalam lembaga pendidikan khususnya di lingkungan pendidikan anak usia dini, mengingat anak usia dini adalah masa keemasan dalam membentuk karakter. Metode pembelajaran yang cocok yaitu dengan metode bermain. Peneliti memilih permainan bisik berantai sebagai metode pembelajaran untuk menumbuhkan kemampuan fisik motorik, kemampuan kognitif, dan kemampuan bahasanya.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi metode permainan bisik berantai untuk menumbuhkan kemampuan fisik motorik anak usia dini kelompok A di Pos PAUD Aster 36 Jember tahun ajaran 2024/2025? 2) Bagaimana implementasi metode permainan bisik berantai untuk menumbuhkan kemampuan kognitif anak usia dini kelompok A di Pos PAUD Aster 36 Jember tahun ajaran 2024/2025? 3) Bagaimana implementasi metode permainan bisik berantai untuk menumbuhkan kemampuan fisik motorik anak usia dini kelompok A di Pos PAUD Aster 36 Jember tahun ajaran 2024/2025?
Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi dalam penggunaan metode permainan bisik berantai dalam menumbuhkan kemampuan fisik motorik anak usia dini kelompok A di Pos PAUD Aster 36 Jember tahun ajaran 2024/2025. 2) Untuk mendeskripsikan implementasi dalam penggunaan metode permainan bisik berantai dalam menumbuhkan kemampuan kognitif anak usia dini kelompok A di Pos PAUD Aster 36 Jember tahun ajaran 2024/2025. 3) Untuk mendeskripsikan implementasi dalam penggunaan metode permainan bisik berantai dalam menumbuhkan kemampuan bahasa anak usia dini kelompok A di Pos PAUD Aster 36 Jember tahun ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Dapat disimpulkan bahwa dari permainan bisik berantai dapat 1) Menumbuhkan kemampuan fisik motorik anak kelompok A yaitu anak mampu berlari, memegang, dan berputar. 2) Menumbuhkan kemampuan kognitif anak kelompok A yaitu anak mampu menyimak pesan, fokus pada waktu tertentu, dan mampu mengenal angka 1-10. 3) Menumbuhkan kemampuan bahasa anak kelompok A yaitu anak mampu mengulang kosa kata, anak mampu mengenali bunyi dan suara dan anak mampu berkomunikasi dengan temannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Dara Ainun Illiyin Fissabily |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 08:24 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 08:24 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43272 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |