Efektivitas Model Pembelajaran Concept Attainment Berbantuan Augmented Reality Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Sistem Gerak di Kelas XI Saintek SMA WALISONGO GEMPOL PASURUAN

Nuroniyyah, Miftakhun (2025) Efektivitas Model Pembelajaran Concept Attainment Berbantuan Augmented Reality Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Sistem Gerak di Kelas XI Saintek SMA WALISONGO GEMPOL PASURUAN. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Miftakhun Nuroniyyah_212101080051.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Concept Attainment berbantuan media card berbasis Augmented Reality terhadap pemahaman konsep siswa pada materi sistem gerak di kelas XI Saintek SMA Walisongo Gempol Pasuruan Tahun Pelajaran 2024/2025.
Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya pemahaman konsep siswa dalam mata pelajaran biologi, khususnya pada materi sistem gerak, akibat dominasi metode ceramah dan minimnya penggunaan media pembelajaran interaktif. Model Concept Attainment dipilih karena mampu mendorong siswa untuk mengidentifikasi atribut konsep melalui contoh positif dan negatif, sedangkan media card Augmented Reality membantu memperkuat visualisasi konsep secara nyata dan menarik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasy Experimental design. Populasi penelitian berjumlah 57 siswa dengan teknik purposive sampling. Kelas XI 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda, dianalisis dengan uji Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pemahaman konsep siswa kelas eksperimen lebih tinggi (81,42) dibandingkan kelas kontrol (74,83). Sebanyak 93% siswa kelas eksperimen mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP), sedangkan kelas kontrol hanya 77%.
Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung (2,749) > ttabel (2,004) dengan signifikansi 0,008 < 0,05, yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Concept Attainment berbantuan media card berbasis Augmented Reality terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi sistem gerak. Penelitian ini memberikan implikasi penting dalam pengembangan model dan media pembelajaran inovatif di era digital, serta menyarankan agar guru mengoptimalkan penggunaan teknologi berbasis visual dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan kualitas pendidikan,
Kata kunci : Augmented Reality ; Card ; Efektivitas ; Model Concept Attainment ; Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms MIFTAKHUN NURONIYYAH
Date Deposited: 20 Jun 2025 01:11
Last Modified: 20 Jun 2025 01:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43294

Actions (login required)

View Item View Item