Yunita Mayari, Zerlinda (2025) Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Dalam Berpikir Kritis Siswa Di Kelas X B SMA Unggulan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (SMAUBPPT) Darus Sholah Jember Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Zerlinda Yunita Mayasari_214101010016..pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Latar belakang pada penelitian ini untuk mengetahui proses kegiatan belajar mengajar (KBM) di SMAUBPPT Darus Sholah, khususnya dalam penerapan metode pembelajaran role playing di kelas X B serta penelitian ini juga bertujuan untuk mengkaji kelebihan dan kekurangan metode role playing, terutama dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, yaitu kemampuan utuk memecahkan masalah serta menarik kesimpulan dalam materi yang sudah dipelajari.
Ada tiga fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran role playing dalam membantu siswa untuk memecahkan masalah pergaulan bebas di kelas X B SMAUBPPT Darus Sholah Tegal Besar-Jember tahun ajaran 2024/2025? 2) Bagaimana penerapan metode pembelajaran role playing membantu siswa untuk menyimpulkan materi pergaulan bebas di kelas X B SMAUBPPT Darus Sholah Tegal Besar-Jember tahun ajaran 2024/2025? 3) Apa kelebihan dan kekurangan penerapan metode pembelajaran role playing dalam berpikir kritis siswa pada materi pergaulan bebas di kelas X B SMAUBPPT Darus Sholah Tegal Besar-Jember tahun ajaran 2024/2025?.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran role playing dalam membantu siswa untuk memecahkan masalah materi pergaulan bebas di kelas X B SMAUBPPT Darus Sholah Tegal Besar-Jember tahun ajaran 2024/2025. 2) Untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran role playing membantu siswa untuk menyimpulkan materi pergaulan bebas di kelas X B SMAUBPPT Darus Sholah Tegal Besar-Jember tahun ajaran 2024/2025. 3) Untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan penerapan metode pembelajaran role playing dalam berpikir kritis siswa pada materi pergaulan bebas di kelas X B SMAUBPPT Darus Sholah Tegal Besar-Jember tahun ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMAUBPPT Darus Sholah Jember dengan subjek penelitiannya yaitu peserta didik kelas X B dan guru mata pelajaran PAI. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Miles Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) peserta didik mampu memecahkan masalah ketika mereka mempunyai teman yang sesuai dengan materi yang sudah diajarkan. 2) peserta didik mampu menyimpulkan materi sesuai metode yang sudah dilakukan serta materi yang sudah dipelajari. 3) kelebihan metode pembelajaran role playing peserta didik dilatih untuk memahami dan mengingat materi yang akan diperankan serta melatih kemampuan berbicara peserta didik. Sedangkan kekurangan metode pembelajaran role playing yaitu peserta didik yang tidak berperan langsung cenderung menjadi kurang aktif selama kegiatan berlangsung serta kekurangan dalam hal efisensi waktu.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Role Playing, Berpikir Kritis, Pergaulan Bebas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Zerlinda Yunita Mayasari |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 04:57 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 04:57 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43336 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |