Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Al-Falah Silo Jember

Ricky, Setiawan (2025) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Al-Falah Silo Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ricky Setiawan Finish.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Ricky Setiawan, 2025: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamet Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Al-Falah Silo Jember
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament, Keaktifan Peserta Didik, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Model pembelajaran kooperatif tipe Teams games tournament merupakan model pembelajaran yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam sebagai terobosan dalam menjadikan peserta didik agar aktif dalam pembelajaran yaitu pada materi PAI di kelas IX D. Kendala yang dihadapi oleh guru PAI kelas IX yaitu peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Adapun salah satu faktor yang menyebabkannya yaitu karena kurang bervariasinya model-model pembelajaran dan kurang menariknya proses pembelajaran.
Fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Al-Falah Silo Jember?. 2) Bagaimana implikasi model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Al-Falah Silo Jember?
Tujuan penelitian ini yaitu: Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Al-Falah Silo Jember, dan untuk mendeskripsikan implikasi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Al-Falah Silo Jember
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis menurut Miles and Huberman yaitu; kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament terdiri dari lima langkah yaitu; persiapan penyajian materi, penyajian materi, kegiatan belajar kelompok, game dan turnamen, dan penghargaan kelompok. 2) Implikasi penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Falah Silo Jember memberikan dampak yang sangat positif seperti meningkatkan keaktifan siswa.peningkatan motivasi belajar,peningkatan pemahaman materi, dan penguatan nilai-nilai Islam dan kerja sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ricky Setiawan
Date Deposited: 23 Jun 2025 02:00
Last Modified: 23 Jun 2025 02:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43356

Actions (login required)

View Item View Item