Mujiana, Santi (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERNUANSA SENI JARANAN PADA MATERI ALJABAR UNTUK MENGETAHUI HASIL BELAJAR DI SMPN 1 AMBULU. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI SANTI MUJIANA_214101070020.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh matematika yang masih sering dipersepsikan sebagai mata pelajaran yang abstrak, sulit, dan menakutkan bagi sebagian besar siswa. Persepsi negatif tersebut berdampak pada rendahnya minat dan hasil belajar siswa pada materi aljabar yang dianggap terlalu abstrak dan sulit dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Di sisi lain, seni jaranan sebagai kearifan lokal di daerah Ambulu memiliki potensi untuk diintegrasikan dalam pembelajaran matematika sebagai konteks yang relevan bagi siswa. Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan media pembelajaran yang lebih interaktif, menarik, dan efektif serta terintegrasi seni budaya untuk membantu pemahaman siswa terhadap materi matematika khususnya materi aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas VII G SMPN 1 Ambulu. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar validasi untuk ahli materi, ahli media, angket respons siswa, serta soal post-test. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) e-modul pembelajaran matematika bernuansa seni jaranan pada materi aljabar dinyatakan sangat valid berdasarkan skor validasi ahli materi diperoleh skor 87,5%, skor validasi ahli media diperoleh skor 100%, validasi soal post-test diperoleh skor 85%, validasi angket respon siswa diperoleh skor 100%, dengan nilai rata-ratanya adalah 93,125%, (2) e-modul pembelajaran matematika bernuansa seni jaranan pada materi aljabar dinyatakan praktis berdasarkan angket respons siswa dengan skor 77,91% (3) e-modul pembelajaran matematika bernuansa seni jaranan pada materi aljabar dinyatakan efektif berdasarkan hasil belajar siswa melalui soal post-test mencapai 86,11%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Santi Santi Mujiana |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 06:13 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 06:13 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43480 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |