PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER BERBASIS TRILOGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM AJUNG JEMBER

As’adur., Rofiq (2025) PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER BERBASIS TRILOGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM AJUNG JEMBER. Masters thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
TESIS AS’ADUR ROFIQ 2025.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rofiq, As’adur. 2025. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Berbasis Trilogi Santri Di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Ajung Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Shiddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Saihan, S.Ag., M.Pd.I. Pembimbing II: Dr. Istifadah, S.Pd., M.Pd.I.
Kata Kunci: Penanaman Karakter, Trilogi Santri
Maraknya perilaku amoral semakin tampak, perilaku tersebut dibuktikan dengan banyaknya kasus/kejadian yang muncul di media social, hal ini sangat memperihatinkan atas karakter bangsa saat ini. Selama ini Pondok Pesantren dianggap sebagai benteng terakhir dalam membentuk insan berkarakter. Trilogi santri merupakan pedoman santri yang kemudian menjadi bekal utama untuk kehidupan di pondok maupun setelah lulus dari pondok. Hal ini yang kemudian menjadikan santri berkarakter/berakhlak mulia.
Fokus dalam penelitian ini: 1) Bagaimana penanaman nilai-nilai karakter tanggung jawab atas kewjiban fardlu ‘ain di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Ajung Jember, 2) Karakter jujur dalam meninggalkan dosa-dosa besar di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Ajung Jember, 3) Berakhlak baik kepada Allah dan makhluk di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Ajung Jember. Dari fokus penelitian tersebut bertujuan menganalisis penanaman nilai-nilai karakter tanggung, jujur dan berakhlak baik kepada Allah dan makhluk di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Ajung Jember.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan, wawancara dan kajian dokumen. Analisis data menggunakan teknik yang digagas Milles, Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah: kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Pengumpulan data, kondensasi data. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap tranfromasi nilai Pondok Pesantren Miftahul Ulum Ajung Jember dilakukan melalui pembelajaran di kelas dan ngaji pagi dengan media kitab Sifatus Sholah, Adzkarus Sholah, Khaifiyatus Sholah, Safinatun Najah, dan Taqrib dalam kewajiabn Furudul ‘Ainiyah. Sedangkan untuk akhlak baik kepada Allah dan makhluk menggunakan kitab Taisirul Khalaq, Bidayatul Hidayah, Ta’limul Muta’allim, Nashaih ad-Diniyyah, dan Irsyadul Ibad. Adapun tahap transaksi dilaksanakan melalui pembiasaan berdasarkan kegiatan pesantren seperti sholat berjamaah, piket pagi, kantin kejujuran, shalat tahajjud, tadarus dan ngaji Qur’an serta pembiasaan menghormati guru dan sasama santri berikut dengan keteladan yang ditampilkan oleh semua stakeholder pondok. Sedangkan dalam tahap traninternalisasi nilai keberhasilan yang ditampilkan semua santri menunjukkan perubahan yang signifikan dibuktikan dengan konsisten mengikuti shalat berjamaah, piket pagi, perilaku jujur dalam kantin kejujuran, konsisten dalam shalat tahajjud, tadarus dan ngaji Qur’an.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: As'adur Rofiq
Date Deposited: 23 Jun 2025 06:52
Last Modified: 23 Jun 2025 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43497

Actions (login required)

View Item View Item