Pengaruh Kompetensi Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi di Kantor PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember

Ziah, Fauziah (2025) Pengaruh Kompetensi Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi di Kantor PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Fauziah _212103040004.pdf

Download (8MB)

Abstract

Setiap organisasi wajib untuk mengembangkan sumber daya manusia yaitu pekerja agar dapat membentuk suatu komitmen terhadap organisasi yang akan mencerminkan tingkat kesungguhan anggota dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Oleh karena itu sumber daya manusia memegang peran penting dalam keberhasilan suatu organisasi, sehingga perusahaan harus bertanggung jawab secara langsung untuk menjaga kualitas kehidupan kerja dan membantu tenaga kerja agar bersedia memberikan kontribusi secara optimal untuk mencapai tujuan organisasi yang sudah ditentukan.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Apakah kompetensi berpengaruh terhadap komitmen organisasi di kantor PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember? 2) Apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap komitmen organisasi di kantor PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember? 3) Apakah kepuasan kerja berpengaruh terhadap komitmen organisasi di kantor PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember?. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis pengaruh kompetensi terhadap komitmen organisasi pada kantor PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember. 2) Untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap komitmen organisasi pada kantor PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember. 3) Untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi pada kantor PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kausalitas menggunakan uji regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner atau angket, wawancara tidak tersetruktur dan dokumentasi. Pengambilan sempel pada penelitian menggunakan teknik sempel jenuh dengan total 127 responden. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini meliputi uji instrumen data (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis (uji t, uji f, dan uji determinasi R2).
Dari hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa kompetensi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi. Sedangkan variabel yang lain yakni variabel kualitas pelayanan dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi di kantor PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember.
Kata Kunci: Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, Kompetensi, Kualitas Pelayanan,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1507 Transportation and Freight Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Fauziah Ziah
Date Deposited: 23 Jun 2025 07:45
Last Modified: 23 Jun 2025 07:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43527

Actions (login required)

View Item View Item