PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMPN 2 RAMBIPUJI

Febriyanti, Putri (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMPN 2 RAMBIPUJI. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
PUTRI FEBRIYANTI_TIPA_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kecerdasan bangsa, di mana penguasaan ilmu pengetahuan menjadi kunci dalam menghadapi tantangan kehidupan. Salah satu ilmu penting yang diajarkan di sekolah adalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), yang bertujuan menumbuhkan pemahaman konsep ilmiah serta kesadaran terhadap pelestarian lingkungan hidup. Namun, hasil belajar siswa kelas VII B SMPN 2 Rambipuji menunjukkan bahwa pemahaman konsep masih rendah, dengan hanya 25% siswa yang mencapai ketuntasan. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan siswa secara dalam pembelajaran sehingga menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami konsep materi dalam pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman konsep siswa kelas VII B.
Fokus penelitian ini yakni Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA kelas VII B pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati di SMPN 2 Rambipuji?.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalah lembar observasi pelaksanaan pembelajaran guru, post test, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 32 siswa kelas VII B di SMPN 2 Rambipuji.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Snowball Throwing secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep siswa. Pada pra-siklus, hanya 13 siswa (41%) yang mencapai ketuntasan. Setelah penerapan pada siklus I, ketuntasan meningkat menjadi 66%, dan pada siklus II mencapai 88%. Keterlaksanaan pembelajaran guru juga meningkat dari 92,4% pada siklus I menjadi 98,07% pada siklus II. Model ini mendorong partisipasi siswa dan terciptanya suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Berdasarkan hasil tersebut, indikator keberhasilan tercapai karena lebih dari 70% siswa memperoleh nilai di atas KKM (≥70), sehingga penelitian dihentikan pada siklus II. Kendala dalam penerapan model Snowball Throwing antara lain penguasaan materi siswa yang terbatas pada topik saat itu, keaktifan siswa yang belum merata, serta kesulitan dalam menyusun pertanyaan yang relevan. Selain itu, kegiatan yang memerlukan waktu cukup lama menjadi tantangan tersendiri dalam manajemen waktu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Miss Putri Febriyanti
Date Deposited: 23 Jun 2025 08:18
Last Modified: 23 Jun 2025 08:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43537

Actions (login required)

View Item View Item