Aini, Lailatul Fauziyah (2025) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING PADA MATERI KETENTUAN PERNIKAHAN DALAM ISLAM DI KELAS XI SMK NEGERI 4 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI - LAILATUL.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Lailatul Fauziyah Aini, 2025: Penerapan Metode Role Playing Pada Materi Ketentuan Pernikahan Dalam Islam Di Kelas XI SMK Negeri 4 Jember.
Kata kunci : Metode Role Playing, Ketentuan Pernikahan Dalam Islam, SMKN 4 Jember.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi penelitian di SMKN 4 Jember. Metode role playing ini tepat diterapkan pada siswa kelas XI khususnya materi Ketentuan Pernikahan dalam Islam karena pada materi ini tidak bisa hanya dijelaskan teorinya saja melainkan harus praktek agar materi mudah diterima, diserap dan dapat benar-benar dipahami oleh siswa. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui kondisi kelas XI setelah diterapkannya metode role playing apakah mereka senang untuk mengikuti pelajaran sehingga dapat menerima materi secara berkesan dan menyenangkan. Tidak hanya itu, dengan diterapkannya metode role playing ini membuat siswa lebih berminat dan tertarik untuk mempelajari materi.
Fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana penerapan metode role playing pada materi "Ketentuan Pernikahan Dalam Islam" untuk siswa kelas XI di SMK Negeri 4 Jember? 2. Bagaimana dampak penerapan metode role playing pada materi "Ketentuan Pernikahan Dalam Islam" untuk siswa kelas XI di SMK Negeri 4 Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan metode role playing pada materi "Ketentuan Pernikahan Dalam Islam" untuk siswa di kelas XI SMKN 4 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan dampak metode role playing pada materi "Ketentuan Pernikahan Dalam Islam" untuk siswa di kelas XI SMKN 4 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini yakni Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Kesiswaan, Sarpras, Guru PAI dan Siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian field research atau penelitian lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil kesimpulan ini adalah: 1. Penerapan metode role playing : Proses pembelajaran dilakukan melalui tahapan-tahapan yang sistematis, dimulai dari mengorientasikan siswa, menyampaikan tujuan dan kompetensi dasar, memberikan motivasi, hingga mengorganisasi, membimbing pembuatan skenario, dan melakukan evaluasi. Keterlibatan aktif guru dan siswa dalam setiap tahapan terbukti mampu menciptakan suasana belajar yang lebih hidup. 2. Dampak penerapan metode role playing memberikan dampak positif terhadap pemahaman mereka. Melalui keterlibatan aktif ini, siswa tidak hanya lebih memahami materi, tetapi juga mampu mengingatnya dalam jangka waktu yang lebih panjang. Dengan demikian, metode role playing terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan daya ingat siswa terhadap materi yang diajarkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.Pd Lailatul Fauziyah Aini |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 08:43 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 08:43 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43550 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |