Peran Shadow Teacher dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Autis di Sekolah Inklusi SMP Science Qur'an Al Irsyad Al Islamiyyah Jember

Hidayah Zammil, Ardilla Nur (2025) Peran Shadow Teacher dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Autis di Sekolah Inklusi SMP Science Qur'an Al Irsyad Al Islamiyyah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
ARDILLA NUR HIDAYAH ZAMMIL_212103050009__.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Interaksi sosial memegang peran penting dalam perkembangan diri dan
kesejahteraan individu, termasuk pada anak autis yang memiliki hambatan dalam
komunikasi dan hubungan sosial. Shadow teacher berperan penting sebagai
pendamping yang membantu siswa autis dalam memahami pelajaran, berinteraksi
dengan teman, guru, dan lingkungan sekolah.
Fokus dalam penelitian ini: 1) Bagaimana peran shadow teacher dalam
meningkatkan interaksi sosial siswa autis di sekolah inklusi SMP Science Qur‟an
Al Irsyad Al Islamiyyah Jember? 2) Faktor penghambat dan pendukung peran
shadow teacher dalam meningkatkan interaksi sosial siswa autis di sekolah inklusi
SMP Science Qur‟an Al Irsyad Al Islamiyyah Jember?
Tujuan dalam penelitian ini: 1) Untuk mengetahui peran shadow teacher
dalam meningkatkan interaksi sosial siswa autis di sekolah inklusi SMP Science
Qur‟an Al Irsyad Al Islamiyyah Jember. 2) Untuk mengetahui faktor penghambat
dan pendukung peran shadow teacher dalam meningkatkan interaksi sosial siswa
autis di sekolah inklusi SMP Science Qur‟an Al Irsyad Al Islamiyyah Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah shadow teacher, siswa autis, dan
orang tua. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, dan
penarikan simpulan. Untuk keabsahan data, digunakan triangulasi sumber dan
teknik.
Hasil dan kesimpulan dalam penelitian ini adalah: Peran shadow teacher di
SMP Science Qur‟an Al Irsyad Al Islamiyyah Jember sangat penting dalam
meningkatkan interaksi sosial siswa autis. Shadow teacher tidak hanya
mendampingi siswa ABK khususnya siswa autis dikelas saja akan tetapi
membantu setiap aktivitas ABK saat berada diluar kelas. Shadow teacher juga
berperan dalam memberikan motivasi, menyederhanakan materi, menyesuaikan
media belajar dengan kemampuan siswa ABK, melakukan aktivitas positif seperti
sholat, dzikir pagi, menekan keberhasilan siswa ABK dengan memberikan reward
dan menjalin komunikasi dengan orang tua melalui daily report untuk melaporkan
perkembangan siswa ABK secara menyeluruh. Strategi interaksi yang digunakan
shadow teacher meliputi imitasi, sugesti, identifikasi, dan simpati. Faktor
pendukung peran shadow teacher dalam meningkatkan interaksi sosial siswa autis
di sekolah inklusi antara lain adanya program Individual Education Program
(IEP), kolaborasi dengan guru dan orang tua, adanya kegiatan non-akademik, serta
lingkungan inklusif dan teman sebaya yang mendukung. Adapun faktor
penghambat meliputi hambatan komunikasi siswa autis, kurangnya pemahaman
shadow teacher, jumlah pendamping yang tidak seimbang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam
Depositing User: Lala Ardilla Nur Hidayah Zammil
Date Deposited: 24 Jun 2025 01:44
Last Modified: 24 Jun 2025 01:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43573

Actions (login required)

View Item View Item