Implementasi Pembinaan Kesiswaan dalam Menguatkan Prestasi Siswa di Madrasah Tsanawiyah Karakter Mutiara Bunda Denpasar Bali

Huriyatul, Hukama (2025) Implementasi Pembinaan Kesiswaan dalam Menguatkan Prestasi Siswa di Madrasah Tsanawiyah Karakter Mutiara Bunda Denpasar Bali. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi - Huriyatul Hukama WATERMARK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pembinaan kesiswaan dapat didefinisikan sebagai rangkaian proses dan
program yang bertujuan untuk mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki
oleh siswa, baik secara akademik, emosional, sosial, maupun karakter. Konsep ini
mencakup berbagai kegiatan yang diarahkan untuk memfasilitasi pertumbuhan
siswa melalui bimbingan konseling, kegiatan ekstrakurikuler, serta program
pembentukan karakter yang sistematis dan berkelanjutan.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan
pembinaan kesiswaan dalam menguatkan prestasi siswa di Madrasah Tsanawiyah
Karakter Mutiara Bunda Denpasar Bali? 2) Bagaimana pelaksanaan pembinaan
kesiswaan dalam menguatkan prestasi siswa di Madrasah Tsanawiyah Karakter
Mutiara Bunda Denpasar Bali? 3) Bagaimana evaluasi pembinaan kesiswaan
dalam menguatkan prestasi siswa di Madrasah Tsanawiyah Karakter Mutiara
Bunda Denpasar Bali?
Tujuan penelitian pada skripsi ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan
perencanaan pembinaan kesiswaan dalam menguatkan prestasi siswa di Madrasah
Tsanawiyah Karakter Mutiara Bunda Denpasar Bali. 2) Untuk mendeskripsikan
pelaksanaan pembinaan kesiswaan dalam menguatkan prestasi siswa di Madrasah
Tsanawiyah Karakter Mutiara Bunda Denpasar Bali. 3) Untuk mendeskripsikan
evaluasi pembinaan kesiswaan dalam menguatkan prestasi siswa di Madrasah
Tsanawiyah Karakter Mutiara Bunda Denpasar Bali.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan
data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles
Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah : 1) Kondensasi data 2)
Penyajian data 3) Penarikan Kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan triangukasi teknik.
Hasil kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Perencanaan : dilakukan secara
sistematis melalui screening awal berbasis tes psikologi dan IQ. Tes ini untuk
mengidentifikasi potensi dan kecerdasan dominan siswa agar dapat merancang
program pembinaan yang sesuai. Selain itu, siswa dikelompokkan ke dalam klubklub berbasis minat dan bakat, baik akademik maupun non-akademik. Jadwal
pembinaan kesiswaan akademik dilaksanakan setiap hari, sedangkan yang nonakademik dilaksanakan 2-3 hari dalam seminggu. 2) Pelaksanaan: diterapkan
melalui metode pembelajaran yang efektif, seperti interval learning berbasis
Cognitive Load Theory untuk meningkatkan retensi dan pemahaman siswa. Selain
itu, sekolah melibatkan pelatih eksternal untuk mendukung pengembangan
keterampilan siswa dalam bidang akademik dan non-akademik. Program
pembinaan terdapat kegiatan ekstrakurikuler yang rutin dilaksanakan dan
pembinaan intensif menjelang kompetisi. Kepala sekolah terlibat dalam
menegakkan kedisiplinan dan motivasi dalam pelaksanaan pembinaan kesiswaan.
3) Evaluasi : a) pemberian reward bagi siswa yang berprestasi maupun yang telah
berusaha, b) insentif finansial seperti potongan SPP bagi siswa yang meraih
prestasi, dan c) evaluasi teknis untuk perbaikan program pembinaan ke depan.
Kata Kunci: Pembinaan Kesiswaan, Prestasi Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Huriyatul Hukama
Date Deposited: 24 Jun 2025 03:27
Last Modified: 24 Jun 2025 03:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43641

Actions (login required)

View Item View Item