ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP FISIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 JEMBER

Febriyanti, Refi (2025) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP FISIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI-REFI FEBRIYANTI-212101100009_1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Refi Febriyanti, 2025: Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memahami Konsep Fisika Berdasarkan Gaya Belajar Pada Materi Getaran Dan Gelombang Kelas VIII di SMP Negeri 1 Jember
Kata Kunci: Kesalahan Siswa, Masalah Fisika, Pemahaman Konsep, Gaya Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesalahan pemahaman konsep yang dialami oleh siswa saat menyelesaikan masalah fisika pada materi getaran dan gelombang berdasarkan gaya belajar, serta jenis perbedaan kesalahan yang dialami pada setiap gaya belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam memahami konsep getaran dan gelombang berdasarkan gaya belajar mereka, yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dengan ketiga gaya belajar tersebut.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian terdiri dari enam siswa kelas VIII A di SMPN 1 Jember, yang masing-masing mewakili dua gaya belajar. Data dikumpulkan melalui angket, tes, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar berbeda mengalami kesalahan yang bervariasi dalam memahami konsep getaran dan gelombang. Siswa visual cenderung kesulitan dalam membedakan contoh dan bukan contoh, serta mengenali sifat dan syarat konsep. Siswa auditori merupakan kelompok dengan kesalahan terbanyak, terutama dalam mendeskripsikan konsep secara lisan dan tertulis. Sementara itu, siswa kinestetik mengalami kesulitan dalam menginterpretasikan konsep dan mengidentifikasi contoh dengan tepat. Perbedaan ini menunjukkan bahwa gaya belajar memengaruhi cara siswa memahami konsep, di mana siswa visual lebih terbantu dengan teks dan gambar, siswa auditori mengingat secara verbal tetapi kesulitan dalam penerapan, dan siswa kinestetik memahami melalui pengalaman namun kesulitan dalam ekspresi tertulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Mrs Refi Febriyanti
Date Deposited: 24 Jun 2025 06:47
Last Modified: 24 Jun 2025 06:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43694

Actions (login required)

View Item View Item