Peran guru pendidikan agama islam dalam upaya pencegahan bullying di SMPN 1 Jenggawah Jember tahun pelajaran 2024/2025

Dwi atika, Viva yusti (2025) Peran guru pendidikan agama islam dalam upaya pencegahan bullying di SMPN 1 Jenggawah Jember tahun pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas islam negeri kiai achmad siddiq jember.

[img] Text
VIVA YUSTI DWI ATIKA_212101010076.pdf

Download (4MB)

Abstract

Viva Yusti Dwi Atika, 2025: “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Pencegahan Bullying di SMPN 1 Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2024/2025”.
Kata Kunci: Peran guru Pendidikan Agama Islam, tindakan bullying.

Rendahnya tingkat pemahaman seseorang terhadap bullying dan pengaruhnya menjadi pekerjaan rumah untuk semua pihak, terutama pihak pemerintah. Permasalahan moral menjadi permasalahan utama dalam kehidupan manusia. Penurunan nilai-nilai moral pada siswa ditandai dengan maraknya perilaku-perilaku menyimpang seperti kekerasan, tawuran, serta perilaku kenakalan anak lainnya. Perilaku bullying menjadi salah satu perilaku yang menjadi perhatian peneliti. Bullying dapat terjadi dikalangan sekolah dasar bahkan anak usia dini yang memberikan dampak negatif bagi korban bullying baik secara fisik maupun psikis. Perilaku kekerasan terhadap anak tidak hanya terjadi di lingkungan rumah dan masyarakat, tetapi juga merayap di lingkungan sekolah.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya penanganan kasus bullying di SMPN 1 Jenggawah Jember?, 2) Bagaimana bentuk perilaku bullying pada siswa di SMPN 1 Jenggawah Jember?. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya penanganan kasus bullying di SMPN 1 Jenggawah Jember dan mendeskripsikan bentuk perilaku bullying pada siswa di SMPN 1 Jenggawah Jember.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Peneliti melakukan wawancara dengan guru Pendidikan Agama Islam, korban bullying dan guru-guru yang lainnya. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam Upaya Pencegahan Bullying di SMPN 1 Jenggawah Jember yaitu: 1) peran guru sebagai pendidik berperan untuk mendidik anak didiknya serta berperan sebagai sosok yang menjadi panutan dan identifikasi bagi peserta didik dan lingkungannya. Peran guru sebagai penasihat yakni dapat menjalankan perannya dengan baik salah satunya melalui pemahaman terhadap karakter siswa, Apabila guru memahami kepribadian dan karakter siswa, maka proses pemberian nasihat, arahan serta bimbingan kepada siwa akan lebih mudah dan efektif. Peran guru sebagai pembimbing mengarahkan siswa untuk saling menghormati dan peduli satu sama lain, membiasakan sholat, mengenali karakter siswa-siswinya dan menumbuhkan rasa empati siswa, menanamkan nilai-nilai keislaman dan akhlak kepada siswa dengan memberikan edukasi mengenai setiap materi yang berkaitan dengan bullying seperti moderasi beragama. 2) Bullying yang terjadi di SMPN 1 Jenggawah Jember yaitu bullying fisik seperti memukul, meludah dan menarik jilbab. Bullying verbal seperti mengolok-olok, memanggil nama dengan sebutan orang tua dan berkata kotor. Yang terakhir bullying relasional seperti dikucilkan dan dijauhi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Viva Yusti Dwi Atika
Date Deposited: 24 Jun 2025 07:34
Last Modified: 24 Jun 2025 07:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43717

Actions (login required)

View Item View Item